Siswa SMA se-Sidoarjo Ikuti ‘Bengkel Jurnalistik’

oleh -
Pelatihan Jurnalis (mashadi/kabarjatim)
Pelatihan Jurnalis (mashadi/kabarjatim)

SIDOARJO-Puluhan siswa siswi SMA Sederat di Sidoarjo antusias mengikuti pelatihan dasar Jurnalistik di Edotel, Buduran Sidoarjo. Acara yang dikemas dalam Bengkel Jurnalistik tersebut diharapkan mampu menjadikan para siswa memilah informasi yang akurat.

Dalam Bengkel Jurnalistik, ada beberapa narasumber yang dihadirkan dari kalangan Jurnalis Sidoarjo.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo, Abdul Rouf mengungkapkan maraknya informasi hoax yang banyak beredar di media sosial menjadikan masyarakat kian bingung. Terutama, masyarakat yang belum bisa memilah antara informasi yang akurat dengan informasi palsu alias hoax.

“Pelatihan dasar Jurnalistik ini merupakan bagian dasar bagi kalangan pelajar untuk memahami konteks informasi, maupun pemberitaan yang akurat. Sehingga mereka tidak terjebak dalam informasi yang belum tentu benar adanya,” terang Rouf, Selasa, (27/11/2018).

Informasi hoax, lanjutnya dinilai sangat membahayakan bagi generasi penerus bangsa. Terlebih mereka yang hanya mengandalkan gadget, lalu meneruskan kembali informasi yang belum akurat tersebut.

“Informasi yang belum tentu benar membuat masyarakat semakin tersesat. Jadi, harapan satu-satunya adalah bisa memberikan edukasi kepada mereka (pelajar) agar tidak mudah menerima informasi yang belum tentu benar alias hoax,” jelasnya.

Disisi yang lain, pelatihan jurnalistik diperuntukkan bagi mereka kalangan pelajar yang ingin menyalurkan potensinya dibidang tulis menulis. Sehingga mereka bisa mengembangkan bakatnya saat kembali ke sekolah. “Selain menulis, mereka juga bisa belajar tentang fotografi,” tandasnya. @VIN