Siswa MA. Assulaimaniyah Ritis usaha budidaya jamur merang

oleh -
Hasil Budidaya Jamur Merang MA. Assulaimaniyah

Jombang: Puluhan siswa-siswi kelas XII-IPA Madrasah Aliyah (MA) Assulaimaniyah Mojolegi Mojoagung Jombang Jawa Timur, merintis usaha budidaya jamur merang. Budidaya jamur tersebut selain sebagai media praktek mata pelajaran wirausaha, dan hasilnya akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan kelas.

Budidaya jamur tersebut dilakukan di belakang ruang kelas, diruangan 3 x 2 meter diisi oleh sebanyak 88 slot jamur merang. Untuk perawatan seluruhnya diserahkan kepada para siswa-siswa, mulai dari menyirami hingga membersihkan ruangan budidaya.

“Selain sebagai praktek dari mata pelajaran wirausaha budidaya jamur tersebut hasilnya juga nanti akan dipakai untuk study tour yang akan diadakan pada akhir tahun,”Ujar Lukman Harun Ar Rosyd selaku wali kelas dan pembimbinh budidaya jamur. Rabu 11 September 2019.

Ia menjelaskan modal yang dibutuhkan untuk budidaya jamur merupakan hasil patungan dari siswa XII-IPA sebesar Rp5.000 per siswa. Kemudian hasil iuran dibelikan bibit jamur merang sebesar Rp. 3.000 per biji bibit.

“Saat ini sudah ada 88 slot jamur merang, dan jika sudah lima bulan baru bisa dipanen setiap harinya,”Imbuhnya.

Jika usaha tersebut berhasil maka diperkirakan dalam setiap hari mampu memanen jamur merang sebanyak 3 hingga 4 Kg kemudian hasil panen tersebut akan dijual di pasaran. Hasil dari penjualan tersebut yang dipergunakan untuk memenuhi perlengkapan kelas maupun kebutuhan dari kelas.

Masih menurut Harun, jika dalam pelaksanaan budidaya jamur merang tersebut berhasil, maka langkah kedepan budidaya jamur akan menjadi usaha andalan sekolah.

“Rencana jangka panjang kita jika memang hal ini berhasil, maka seluruh biaya operasional sekolah akan ditanggung oleh hasil penjualan jamur merang dan akan menjadi sekolah swasta yang bisa membebaskan biaya dari para anak didiknya,”Pungkasnya.