Siaga Bencana, BPBD Siagakan Petugas Piket Malam

oleh -
Siaga Bencana, BPBD Siagakan Petugas Piket Malam
Siaga Bencana, BPBD Siagakan Petugas Piket Malam

JOMBANG-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang menyiagakan sejumlah personil di kantornya untuk melaksanakan piket siaga bencana pada malam hari. Hal ini menyusul cuaca extrem yang melanda Kabupaten Jombang.

Kasi kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi mengatakan personil yang disiagakan merupakan gabungan dari relawan, pemerintah Daerah serta petugas dari kantor BPBD.

“Sedikitnya 12 personil setiap harinya yang terdiri dari empat orang relawan, enam orang dari pemda Jombang, serta dua petugas dari BPBD Kabupaten Jombang yang melaksanakan piket,”Ujarnya saat ditemui di Kantornya. Kamis (24/1/2019).

Petugas yang piket akan terus memantau, memonitor situasi dan perkembangan yang ada di Kabupaten Jombang, agar selalu tanggap dan Cepat jika mendapatkan laporan dari Masyarakat.

“Jika sewaktu-waktu ada laporan, petugas yang piket dapat langsung menanggapi serta melakukan tindakan pertama bersama tim reaksi cepat untuk meluncur ke lokasi,”Imbuhnya.

Laporan yang masuk kepetugas piket yakni terjadi Bencana Alam, seperti tanah longsor banjir beserta angin puting beliung, dapat langsung ditangani.

Masih menurut Gunadi, saat ini Kabupaten Jombang masih dalam status siaga bencana belum dapat dikategorikan sebagai darurat bencana, mengingat Cuaca Extrem yang dirilis oleh BMKG.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Jombang, menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada cuaca ekstrem pasca dirilisnya update perkiraan cuaca terbaru dari BMKG bahwa kabupaten jombang masih akan dilanda cuaca ekstrem hingga tujuh hari kedepan.

Editor : Nurul Arifin