Sepi Penumpang, Garuda Kurangi Penerbangan ke Jember

oleh -

JEMBER – Akibat pengguna jasa penerbangan minim, per 10 Januari 2019 maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengurangi jumlah frekuensi penerbangan untuk relasi Jember-Surabaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Sales Manager Garuda Indonesia Heru Joko Satria, Jumat (18/1/2019). Heru mengatakan, penerbangan yang awalnya setiap hari kali ini hanya melayani beberapa hari saja. Kebijakan yang diambil oleh manajemen karena berbagai pertimbangan. “Kali ini hanya melayani penerbangan pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu saja,” ujarnya.

Kondisi turunnya jumlah pengguna jasa penerbangan menurutnya karena memang setiap memasuki awal tahun jumlah penumpang mengalami penurunan sigifikan dibandingkan bulan-bulan biasa.

“Di tahun 2018 jumlah pengguna jasa penerbangan masih bertahan. Kondisi ini berbanding terbalik dengan saat ini yang mana dalam sepekan dari 70 seat yang disediakan rata-rata-rata terisi 35-40 penumpang saja,” imbuhnya.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh manajemen Garuda Indonesia, pihaknya memutuskan mengurangi frekuensi penerbangan ke daerah yang mengalami low session salah satunya di tujuan Jember-Surabaya. “Jadi dalam satu minggu hanya 4 kali jadwal penerbangan dan untuk hari Selasa, Kamis dan Sabtu ditiadakan,” kata Heru.

Heru menambahkan, dari hasil evaluasi juga dilihat bahwa tujuan relasi Jember-Surabaya ini hanya kepentingan bisnis saja, sehingga hanya ramai di hari kerja. Mungkin ini dikarenakan potensi wisata di Jember kurang terekspose dan mengakibatkan di akhir pekan jumlah penumpang sepi.

Editor: Ahmad Saefullah

Tentang Penulis: ANGGA MILANISTI

Gambar Gravatar
Angga Jember