Sentra Gakkumdu Jombang Belum Terima Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu

oleh -

JOMBANG – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Jombang hingga saat ini belum menerima adanya laporan dugaan pelanggaran yang dilakukan saat Pemilu 2019.

“Sampai saat ini kami belum menerima adanya pelaporan dari bawaslu atau pihak penyelenggara pemilu lainnya terkait dugaan pelanggaran,” ucap AKP. Azi Pratas Guspitu, Kasat Reskrim Polres Jombang saat di temui kabarjatim.com, Kamis (25/04/2019).

Ia menambahkan, laporan adanya dugaan pelanggaran pemilu biasanya berawal dari bawaslu. Nantinya akan di plenokan, jika terdapat adanya tindak pidana pemilu, kemudian diserahkan kepada pihak kepolisian guna di proses lebih lnajut. 

“Kita hanya menunggu dari pihak bawaslu, kalau nanti setelah di plenokan dan memang ada tindak pidana pemilu, ya selanjutnya diserahkan pada sentra gakkumdu untuk di tindak lanjuti,” terangnya. 

Sementara, terkait dugaan pelanggaran pemilu yang bisa di tindak lanjuti oleh sentra gakkumdu yakni harus ada pelaporan resmi ke bawaslu. Selanjutnya akan dikaji dengan jangka waktu paling lama 7 hari selanjutnya di plenokan. 

“Untuk proses tindak lanjut juga harus ada unsur formil dan materielnya, jika itu sudah terpenuhi, maka akan kita panggil si terlapor selanjutnya kita proses. Namun hingga saat ini belum ada laporan resmi dari pihak bawaslu,” pungkas Azi. 

Editor.  : Rusmiyanto