Seleksi Siswa Berprestasi, Disdik Sumenep Gelar 02SN Tingkat SD

oleh -

SUMENEP – Dalam rangka mencari bibit-bibit siswa berprestasi, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep menyelenggarakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan yang sederajat di Kabupaten Sumenep.

Pelaksanaan kegiatan tersebut akan dipusatkan di Gor A. Yani Panglegur Sumenep, sejak tanggal 11 sampai 13 April 2019. Adapun para peserta merupakan siswa terbaik di 27 kecamatan se Sumenep.

Pelaksana tugas Kepala Disdik Sumenep, Mohammad Saidi mengatakan, ada sekitar lima jenis cabang olahraga yang akan dilombakan selama O2SN tingkat Kabupaten Sumenep itu.

“Jenis lomba masing-masing ada Kids-Athletiks, Renang, Bulu Tangkin, Karate hingga lomba Pencak Silat,” katanya, Kamis (11/4/2019).

Menurut Saidi, pelaksanaan O2SN tahun 2019 tingkat SD ini bertujuan untuk membina dan mempersiapkan olahragawan profesional di tingkat Nasional maupun Internasional sejak usia dibangku SD.

“Yang jelas kami ingin mempersiapkan olahragawan profesional, termasuk juga sebagai upaya mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga,” terangnya.

Selain itu, dibinanya para peserta didik terbaik dalam menghadapi O2SN secara serius, untuk mengembangkan jiwa sportifitas, kompetitif, rasa percaya diri yang tinggi, dan jiwa bertanggungjawab. Termasuk untuk memupuk nasionalisme dan cinta tanah air sejak dini di lingkungan sekolah.

“Hal ini bertujuan untuk menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik, termasuk membudayakan hidup sehat dengan gemar berolahraga,” terangnya.

Dikatakan juga, dari hasil seleksi yang diselenggarakan selama tiga hari tersebut, nantinya akan dilakukan pembinaan intensif untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jawa Timur Juli 2019 mendatang.

“Yang menang nantinya akan dilakukan pembinaan lanjutan untuk menghadapi lomba di tingkat Jawa Timur pada Juli mendatang,” tandasnya. (*)

Editor :  Rusmiyanto