Seleksi Sejumlah Pimpinan OPD di Sumenep Dimulai Pekan Ini

oleh -

SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep, akan membuka pendaftaran kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui seleksi terbuka dimulai pekan ini.

Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim mengatakan, untuk mengisi kekosongan sejumlah kepala OPD atau pimpinan tinggi pratama harus melalui seleksi terbuka sesuai dengan ketentuan dan prosedurnya, sehingga pemerintah daerah membentuk Tim Panitia Seleksi (Pansel).

“Tahapan proses seleksi terbuka kami mulai Senin, (10/6). Sehingga Tim Pansel pada Selasa (11/06/2019) sudah membuka pendaftaran,” katanya.

Dia menjelaskan, seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama berlaku bagi seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sumenep, hanya saja dengan catatan ASN itu secara aturan telah memenuhi persyaratan menduduki jabatan tinggi pratama atau kepala OPD.

“Silahkan ASN yang memenuhi syarat agar mendaftarkan diri ke Tim Pansel untuk mengikuti seleksi terbuka atau lelang jabatan,” terangnya.

Sementara OPD yang belum diisi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau Kepala OPD diantaranya Dinas PU Pengairan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Selain itu juga ada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Satpol PP, Dispertahortbun, Dinas Kesehatan dan BPKAD.

Sejatinya ingin segera mengisi kekosongan kepala OPD secepatnya, hanya saja kendalanya belum bisa melaksanakan assessment kompetensi seleksi terbuka dalam waktu dekat yang diadakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Persoalannya untuk tahapan assessment kompetensi masih menunggu giliran dari Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang telah terdaftar sebelumnya melaksanakan di Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sehingga kami tidak bisa menargetkan kapan pengisian kekosongan kepala OPD melalui seleksi terbuka itu dilakukan,” tandasnya.