Selasa, Embarkasi Surabaya Berangkatkan Tiga Kloter Pertama ke Tanah Suci

oleh -

SURABAYA-Tiga kelompok terbang (Kloter) 1, 2 dan 3 merupakan jemaah calon haji (CJH) pertama dari Embarkasi Surabaya, Jawa Timur. Ketiga kloter itu akan terbang ke Tanah Suci pada, Selasa, 17 Juli 2018.

“Kesiapan sudah kita koordinasikan semua dengan lintas sektor dan sudah siap semua, baik dari kesehatan, dari pihak asrama, keamanan, imigrasi, dan sebagainya. Bahkan peralatannya sudah kita pasang semua,” kata Kepala Bidang Pelaksanaan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jatim, Faridul Ilmi, dikonfirmasi, Minggu (15/7/2018).

Faridul optimistis tidak akan ada permasalahan terkait persiapan pemberangkatan para jamaah haji tahun ini. Sebab, Faridul mengaku sudah berkoordinasi lintas sektor terkait kesiapan pemberangkatan tiga kloter jamaah haji pertama tersebut.

Meski demikian, lanjut Faridul, pihaknya tetap akan mengantisipasi adanya permasalahan pada setiap keberangkatan jemaah haji. Misalnya, permasalahan yang sering ditemui menjelang pemberangkatan jamaah haji adalah terkait kesiapan paspor ataupun visa.

“Insya Allah permasalahan tersebut tidak akan ditemui tahun ini. Karena penyelenggara sudah menyiapkan sejak jauh-jauh hari. Kalau soal visa itu sudah ada 10 kloter yang sudah beres, dan perlu kami sampaikan bahwa pengurusan visa itu dilakukan secara mobile terus menerus sampai musim haji selesai,” ujar Faridul.

Faridul menjelaskan, terkait pemberangkatan jamaah haji embarkasi Surabaya, termasuk Bali dan Nusa Tenggara Timur, semuanya ada 83 kloter. Namun yang pertama diberangkatkan, yakni pada 17 Juli 2018, baru tiga kloter, dimana satu kloter terdiri dari 450 jamaah haji, dengan menggunakan pesawat Saudia Airlines.

Embarkasi Surabaya akan memberangkatkan sebanyak 37.055 calon jamaah haji asal Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur pada tahun 2018. Rinciannya, 35.270 calon jamaah haji dari Jawa Timur, 700 dari Bali, dan 670 dari Nusa Tenggara Timur, dengan total petugas kloter berjumlah 415 [email protected]VIN