Sehari, KH Ma’ruf Amin Sambangi Tujuh Pesantren di Jawa Timur

oleh -

SURABAYA – Meski sudah sepuh, stamina calon wakil presiden KH Ma’ruf Amin masih bugar. Buktinya, dalam sehari Rais Aam PBNU tersebut dijadwalkan mengunjungi tujuh pesantren besar yang tersebar di Jawa Timur.

Setelah mendarat di Bandara Djuanda pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB, KH Ma’ruf Amin beserta rombongan melanjutkan perjalanan darat menuju Pesantren Hidayatul Mubtadiin, Lirboyo, Kediri.

Di sana, Ketua Umum MUI nonaktif tersebut beramah tamah dengan KH. Zamzani Mahrus, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri sekaligus Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur KH. Anwar Mansur, dan Pengasuh Ponpes Al-Amin Ngasinan Kediri KH Anwar Iskandar.

Tak berselang lama, KH Ma’ruf Amin melanjutkan safarinya ke Pesantren Al Falah Ploso. Bersama Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas dan rombongan, KH Ma’ruf Amin disambut para Pengasuh Ponpes Ploso Kediri, yakni KH. Zainuddin Djazuli, KH. Nurul Huda, dan KH. Fuad Munim.

“Semoga diberi kemudahan dan berhasil, serta dapat mengemban amanah dengan baik,” demikian doa dukungan KH. Nurul Huda.

Sementara itu, di hadapan para santri, KH Ma’ruf Amin menyatakan bahwa di antara kewajiban kolektif (fardhu kifayah) bagi muslim adalah mengupayakan pengurangan kemiskinan.

Selanjutnya, rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Pesantren Tebuireng, Jombang. Usai makan siang dan bersilaturahim, KH Ma’ruf Amin akan menyambangi Pesantren Tambakberas, Denanyar, Rejoso, kemudian sore harinya akan bertolak ke Driyorejo Gresik dan dilanjutkan ke PWNU Jatim. Sementara esok hari, KH Ma’ruf Amin melanjutkan safarinya ke Sunan Drajat dan Sarang, Jawa Tengah.

Bertemu Hary Tanosoedibjo

Sebelum bertolak ke Jawa Timur, KH Ma’ruf Amin bersilaturahmi ke rumah Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam kunjungan tersebut Kiai Ma’ruf didampingi keluarga.

“Saya senang sekali bertemu dengan Pak Hary Tanoe untuk pertama, saya menyampaikan terima kasih Perindo, salah satu partai yang mendukung saya cawapres dan banyak membantu tim nasional pemenangan,” ungkapnya.

Pertemuan itu berlangsung hangat, tampak keduanya sesekali tertawa di sela-sela diskusi. “Saya hari ini berbahagia bertemu beliau kita harapkan gerakan pemenangan lebih efektif lagi,” ungkap Kiai Ma’ruf.

Sementara itu, HT mengatakan merasa terhomat atas kedatangan Ma’ruf di kediamannya. “Saya merasa sangat terhormat beliau tokoh yang sangat disegani, juga cawapres, datang ke rumah, bersilaturahim, berdiskusi,” ungkapnya.

Diskusi tersebut antara lain menyoroti gotong royong antara pengusaha, baik kecil, menengah hingga yang besar guna mempersempit kesenjangan sosial dan meningkatkan daya saing serta membangun masyarakat produktif.

HT menyatakan Partai Perindo akan bergerak maksimal memenangkan pasangan Jokowi dan KH Ma’ruf Amin. “Persiapan cukup matang, sudah dibentuk Timses dimana Partai Perindo di dalamnya dan bagi tugas dengan partai-partai lain di dalam koalisi,” ungkap HT.

Editor: Ahmad Saefullah