Sebanyak 128 Koperasi di Sampang ‘Mati Suri’

oleh -

SAMPANG-Sebanyak 128 Koperasi di Kabupaten Sampang ‘mati suri’ alias tidak aktif. Sementara di kabupaten Sampang terdapat 400 koperasi, dari jumlah itu terdapat 272 koperasi yang aktif.
Data tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Kabupaten Sampang Suhartini Kaptiati. Saat ini pihaknya melalui sejumlah perangkat dinas terus mendorong semua koperasi untuk melakukan RAT karena itu merupakan pertanggungjawaban pengurus pada anggotanya.

“Tugas kita saat ini yaitu mendorong koperasi agar segera melaksanakan RAT karena ini merupakan pertanggung jawaban pengurus kepada seluruh anggotanya. Dan koperasi itu dibentuk berdasarkan kebersamaan dan gotong royong dari anggota oleh anggota untuk anggota sehingga RAT itu penting untuk dilaksanakan,” jelasnya, Selasa (17/03/20).

Kemudian wanita yang akrab di panggil Ibu Tin melanjutkan, Koperasi dapat melaksanakan kegiatan RAT itu sampai bulan juni 2019, dan bila ada koperasi yang masih belum melaksanakannya maka pihaknya akan melakukan pembinaan sekaligus mengevaluasi apa yang menjadi kendala dan hambatan di bawah.

“Kemungkinan koperasi yang melaksanakan RAT selesai sampai bulan Juni dan bila ada yang belum selesai kami lakukan pembinaan,” ucapnya.

Ia menambahkan koperasi dapat di kategorikan sebagai koperasi tidak aktif apabila selama tiga tahun berturut- turut tidak melakukan RAT, kondisi seperti itu pun juga masih dilakukan sosialisasi, pembinaan dan pemantapan sampai aktif kembali.

“Kriteria Koperasi yang kita bina ada empat yaitu koperasi simpan pinjam, koperasi konsumen-produsen. Koperasi jasa dan koperasi pemasaran,” tandasnya.

VIN