Sebagian Surat Suara Sudah Tiba di KPU Sumenep

oleh -
Sebagian Surat Suara Sudah Tiba di KPU Sumenep
Sebagian Surat Suara Sudah Tiba di KPU Sumenep

SUMENEP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai menerima distribusi surat suara untuk keperluan Pemilu 2019 nanti.

Surat suara tersebut dikirimkan secara bertahap sejak Kamis (7/2/2019) malam. Proses distribusi dari pusat ke gudang logistik KPU Sumenep diharapkan bisa segera tuntas.

“Surat suara kami terima tadi malam, sampai subuh. Jumlahnya cukup banyak. Tapi masih kurang, surat suara belum sepenuhnya sampai ke KPU (Sumenep),” kata Ketuap KPU Sumenep, Abd Warits, Jumat (8/2/2019).

Menurutnya, logistik surat suara untuk tingkatan lainnya akan menyusul secara bertahap. Rencananya surat suara untuk Pemilu dan Pemilihan Presiden (Pilpres) juga akan segera didistribusikan ke gudang logistik KPU Sumenep.

“Hasil komunikasi terakhir, sisa surat suara akan sampai ke KPU Sumenep antara hari ini hingga besok pagi,” terangnya.

Pantauan media ini, surat suara yang telah sampai di gudang logistik KPU Sumenep dibiarkan dalam kondisi terbungkus kardus.

Saat ini, KPU Sumenep masih menunggu jadwal penyortiran serta pelipatan surat suara tersebut. Sementara disinggung soal berapa banyak tukang lipat yang dibutuhkan, KPU belum bisa menjelaskan.

“Untuk kuota yang kerja jadi tukang lipat surat suara masih belum, yang jelas pelipatan surat suara harus selesai dalam waktu satu bulan tujuh hari,” tandasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan jumlah DPTHP-2 Pemilu 2019, berjumlah DPT Sumenep sebanyak 873.273 pemilih dengan rincian terdiri dari 410.927 pemilih laki-laki dan 462.346 pemilih perempuan.

Nantinya, 873.273 pemilih itu akan dibagi ke 4315 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Sumenep. Baik wilayah daratan ataupun wilayah kepulauan.

 

EDITOR : Nurul Arifin