Satu Korban Ditemukan di Bangkai Kapal Santika Nusantara

oleh -

SURABAYA – Tim SAR temukan satu korban meninggal kapal terbakar KM Santika Nusantara, Kamis (5/9/2019). Korban ditemukan di dek mobil bangkai kapal tersebut.

“Korban meninggal itu ditemukan di dek mobil bangkai kapal tadi sekitar pukul 11.50 WIB, saat Tim SAR melakukan observasi dan pengecekan di bangkai kapal,” kata Koordinator Misi SAR (SMC), Prasetya Budiarto, dalam keterangan tertulisnya.

Prasetya mengatakan, bangkai Kapal Motor Santika Nusantara saat ini berada di dermaga PT Indonesia Marina Shipyard (IMS), Kabupaten Gresik. Selama dua pekan bangkai kapal itu mengeluarkan asap panas, sehingga petugas kesulitan untuk menyisir di dalam bangkai kapal.

“Tim penyelamat baru bisa masuk ke dalam bangkai kapal hari ini, dilengkapi alat SCBA (alat bantu pernafasan) untuk melakukan pengecekan dek anjungan dan dek penumpang. Hingga akhirnya tim menemukan satu jenazah,” kata Prasetya.

Kini, kata Prasetya, jenazah telah dievakuasi sekitar pukul 12.30 WIB, dan kemudian akan dibawa ke RS Bhayangkara Polda Jatim untuk diidentifikasi. Sebab, kondisi jenazah sulit dikenali, karena hampir dua pekan korban berada di dalam bangkai kapal. “Kami akan bawa jenazah ke RS Bhayangkara untuk identifikasi oleh tim DVI Polda Jatim,” ujarnya.

KM Santika Nusantara mengalami kecelakaan dalam pelayaran dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Balikpapan. Kapal mengalami kebakaran di perairan laut Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, pukul 20.45 WIB, Jumat (23/8/2019).

Hingga saat ini, dengan penemuan satu jenazah lagi, jumlah korban yang telah berhasil dievakuasi oleh Tim SAR total berjumlah 312 orang. Rinciannya, empat orang meninggal dunia dan 308 korban sisanya selamat.