Satu Caleg DPRD Sumenep Mundur

oleh -

SUMENEP – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Abd. Warits mengatakan ada satu calon legislatif (Caleg) DPRD Sumenel yang mundur setelah lolos dari daftar calon tetap (DCT).

KPU Sumenep juga telah menerima surat pengunduran diri yang bersangkutan. Bahkan KPU sudah melakukan klarifikasi.

“Yang masuk ke KPU Sumenep, baru satu calon yang resmi mengundurkan diri dari pencalonan,” ujar Warits, Selasa (19/2/2019).

Diketahui, yang mengundurkan diri tersebut merupakan Caleg dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Namun, Warits tidak menjelaskan secara rinci alasan yang bersangkutan mengundurkan diri. Termasuk identitas Caleg yang mundur tersebut

Warits hanya menegaskan, meski telah mengundurkan diri, nama yang bersangkutan nantinya akan tetap tercantum pada surat suara. Sebab saat ini surat suara sudah dicetak dan dalam proses pelipatan.

“Apabila mengundurkan diri setelah dicetak, itu hanya dihapus dalam DCT (daftar calon tetap). Nanti ada keputusan KPU tentang perubahan DCT, sesuai SE (surat edaran) KPU RI,” terangnya.

Dengan demikian, jumlah DCT Kabupaten Sumenep menjadi 585 orang. Sebelumnya berjumlah 586. Ratusan Caleg yang dimaksud akan memperebutkan 50 kursi DPRD Kabupaten Sumenep periode 2019-2024.

Sekadar diketahui, saat ini KPU Sumenep dalam proses melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Ditargetkan tahapan itu dapat selesai dalam kurun waktu selama satu bulan.

Editor. : Rusmiyanto