Satreskrim Polresta Sidoarjo Ajak Perangi Hoax, Isu Sara Dan Money Politic

oleh -

SIDOARJO– Semakin dekatnya Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April Tahun 2019, isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan), Money Politic dan juga Berita Hoax menjadi kerawanan politik yang harus kita perangi bersama. Hal tersebut diungkapkan Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris saat ditemui wartawan kabarjatim.com diruang kerjanya.

Oleh karena itu, Harris mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dan bersikap bijak terhadap setiap informasi “miring” yang menyudutkan salah satu kandidat baik Capres-Cawapres maupun Calon Anggota Legislatif (Caleg) untuk tidak segan melakukan tabayyun.

“Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi berdampak pada mudah beredarnya segala macam pemberitaan termasuk berita bohong atau hoax.  Hal ini juga diprediksi bakal dimanfaatkan oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab pada momen Pemilu kali ini untuk menyebarkan isu bahkan fitnah terhadap salah satu kandidat yang tidak disukai atau lawan politiknya. Masyarakat jangan mudah percaya terhadap isu tersebut dan bersikap bijak untuk mencari informasi yang sebenarnya dan jangan segan untuk melaporkannya kepada pihak kepolisian,” ujar Harris.

Selain itu, lanjut Harris, kerawanan politik lainnya adalah praktik politik uang atau istilah kerennya money politic yang rawan terjadi pada musim kampanye dan menjelang pencoblosan. Untuk persoalan ini, kata Harris, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu Sidoarjo untuk penanganannya.

“Semoga pemilu kali ini, khususnya di wilayah Sidoarjo berjalan dengan lancar dan damai, dan selalu mengedepankan rasa persaudaraan,” harapnya.

Editor : Nurul Arifin