Satlantas Polres Jombang Sediakan Layanan Ramah Difabel

oleh -
Difabilitas saat mengurus surat ijin mengemudi
Difabilitas saat mengurus surat ijin mengemudi

JOMBANG-Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Jombang menerapkan pelayanan ramah kepada para disabilitas dalam rangka mengurus Surat Ijin Mengemudi (SIM) khusus bagi disabilitas.

“Pelayanan mulai dari saat para disabilitas datang, kantor satpas sudah kita design sedemikian rupa agar para disabilitas bisa dan nyaman dalam kepengurusan sim,” ujar Kanit Regident Satlantas Polres Jombang, Iptu Murdianto, di kantor Satlantas Polres Jombang, Senin (3/12/2018).

Design kantor yang ramah difabel mulai dari adanya rambatan ramp (bidang miring penganti tangga) Sebagai jalur kursi roda, ruang tunggu, ruang ujian teori dan praktek dapat menfasilitasi para disabilitas. Selain itu disiapkan kamar mandi khusus bagi disabilitas

“Selain itu juga kita siapkan anggota yang bertugas untuk mendampingi disabilitas saat pengurusan sim,” imbuhnya.

Mekanisme pemohon Surat Ijin Mengemudi bagi disabilitas tidak jauh berdeda dengan pemohon sim umum, yakni pendaftaran, Foto, ujian teori dan Ujian praktek.

Gratiskan SIM D Bagi disabilitas

Dalam rangka memperingati Hari Penyandang Cacat Internasional yang jatuh setiap tanggal 3 Desember setiap tahunnya, Satlantas polres Jombang mengratiskan sim khusus disabilitas.

“Hari ini sebagai wujud dukungan hari disabilitas maka kita gratiskan bagi disabilitas yamg mngurus hari ini,’ ujar Kanit Regident Satlantas Polres Jombang, Iptu Murdianto.

Hasilnya ada tiga orang disabilitas yang mendapatkan sim gratis karena mengurus sim saat peringatan hari disabel internasional.

“Tentunya mereka yang lulus dalam tahapan ujian, dan kita berikan sim gratis sebagai hadiah,” pungkasnya.

Hari Penyandang Cacat Internasional atau Hari Difabel Internasional adalah peringatan internasional yang disponsori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak tahun 1992 dan diperingati setiap tanggal 3 Desember. Peringatan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat. @VIN