Satlantas Polres Jombang Optimalkan Layanan SIM Drive Thru saat pandemi Covid-19

oleh -

JOMBANG: Satuan Lalulintas Polres Jombang mengoptimalkan Layanan SIM Drive Thru yang ada di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Setempat saat pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi kerumunan pemohon perpanjangan masa berlaku Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Pantauan dilokasi, Para pemohon perpanjangan diarahkan oleh petugas untuk memanfaatkan Layanan SIM Drive Thru, dengan membawa kelengkapan berkas kepengurusan yakni fotocopi KTP dan SIM lama masing-masing lima lembar.

“Selain itu para pemohon juga melengkapi berkas permohonan dengan membawa surat keterangan sehat dan lulus uji phisykotes sesuai dengan ketentuan,”Ujar Kanit Regident Satlantas Polres Jombang, Ipda Riza Aribowo saat ditemui diruang kerjanya. Kamis, 22 Oktober 2020.

Ia menjelaskan, pengoptimalan layanan Layanan SIM Drive Thru, juga dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan atau penumpukan para pemohon di Kantor satpas satlantas polres jombang. Serta pelayanan tersebut dapat menghemat waktu bagi pemohon sim.

“Pelayanan ini hanya membutuhkan waktu tidak sampai sepuluh menit dan sudah bisa dinikmati hasilnya,”Jelasnya.

Masih menurut Riza, Penghematan waktu yang dilakukan karena pemohon perpanjangan masa berlaku SIM dapat langsung melakukan perpanjangan tanpa harus turun dari kendaraannya.Setelah semua persayaratan terpenuhi, Para pemohon menuju di loket pendaftaran kemudian dilanjutkan dengan pengambilan foto di loket yang sudah ditentukan tanpa harus turun dari sepeda Motor.

“Setelah semua proses dilalui, dan melakukan pembayaran sesuai dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP, red), maka para pemohon dapat langsung mengambil Surat izin mengemudi di loket Yang ditukar,”Pungkasnya. NOE