Satlantas Polres Jombang Gelar Razia Ops patuh 2019 dengan Sidang ditempat.

oleh -
Kabarjatim.com_Kanit Turjawali Polres Jombang Iptu Mulyani (1)
Kabarjatim.com_Kanit Turjawali Polres Jombang Iptu Mulyani (1)

Jombang: Satuan lalulintas Polres Jombang menggelar razia operasi patuh 2019 dengan mekanisme sidang ditempat bagi para pelanggar yang terjaring dalam razia tersebut. Razia yang dilaksanakan di simpang empat Jalan KH Wahid Hasym, tepatnya di depan Pos Polisi kota Jombang menyasar kendaraan roda dua dan empat yang melintas dikawasan tersebut.

Pantauan dilokasi, bagi para pelanggar yang terjaring razia, dapat langsung melakukan sidang karena dalam proses razia, Satlantas Polres Jombang bekerja sama dengan Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Jombang. Dalam operasi yang digelar selama satu jam, yakni mulai pukul 09.00 wib hingga 10.00 wib, petugas dengan jeli memeriksa setiap kendaraan yang melintas mulai dari, surat-surat kelengkapan saat berkendara, penggunaan helm pengaman, dan kondisi kendaraan yang sesuai standar.

“Kegiatan hari ini merupakan operasi bersama dengan kejaksaan dan pengadilan negeri Jombang dan agenda sidang ditempat,”Ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Jombang, Iptu Mulyani saat memimpin langsung operasi. Selasa 10 September 2019.

Pelaksanaan sidang ditempat menurut Mulyani, bisa memudahkan bagi para pelanggar yang terjaring dalam razia, hal ini dikarenakan mereka tidak lagi perlu menungu waktu sidang atau datang kekantor Satlantas untuk menukarkan barang bukti yang ditilang.

“Usai ditindak, mereka langsung sidang kemudian bayar denda putusan serta dapat segera melanjutkan perjalanan,”Jelasnya.

Selama 11 hari pelaksanaan operasi patuh semeru 2019, satlantas polres jombang sudah menindak sebanyak 2.500 pelanggar yang didominasi oleh pengendara roda dua.

“Pelanggaran terbanyak adalah pelanggaran melawan arus, serta tidak mengenakan Helm”Pungkasnya.

Operasi patuhn semeru 2019 merupakan, Operasi rutin yang digelar oleh seluruh Polres Jajaran dalam Polda jawa timur setiap tahunya. Sasaran dalam Operasi Patuh Semeru 2019 di antaranya adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar (SNI), pengendara kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Kemudian, pengemudi yang mengendarai kendaraan melebihi batas kecepatan, mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi motor bawah umur, serta pengemudi yang melawan arus