Satlantas Polres Jombang Berikan Dispensasi Perpanjangan Masa Berlaku SIM saat Pandemi Covid-19

oleh -

JOMBANG: Satuan Lalulintas Polres Jombang memberikan dispensasi khusus bagi pemohon Perpanjangan masa berlaku Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang habis atau mati masa berlakunya saat pandemic Covid-19. Perpanjangan tersebut dapat dilakukan tanpa mengikuti proses pembuatan sim baru.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP A. Risky Menuturkan kebijakan tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat telegram Kapolda Jatim No : ST/634/IV/YAN.1.1./2020 tanggal 7 April 2020, tentang tentang dispensasi proses perpanjangan SIM saat pandemic Covid-19. “Selain itu juga sebagai langkah dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19,”Ujarnya saat ditemui di Kantornya. Rabu 27 Mei 2020.

Ia menjelaskan, Pemohon masa berlaku SIM yang dapat diproses yakni yang masa berlakunya habis pada mulai 17 Maret 2020 sampai 29 juni 2020, dapat diperpanjang tanpa mengikuti proses pembuatan SIM baru. Khusus bagi pasien positif virus corona, orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), bila ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) miliknya. Proses perpanjangan dapat dilakukan setelah dinyatakan sembuh dengan membawa surat keterangan dari dokter dan selesai menjalani karantina.”Tentunya dengan melengkapi syarat dan Ketentuan yang berlaku,”Imbuhnya.

Masih menurut Risky, Pihaknya menghimbau masyarakat agar tidak panic dan berbondong-bondong mengurus masa berlaku perpanjangan SIM di Kantor satlantas, dengan memanfaatkan layanan dispensasi ini.”Kami himbau tetap dirumah saja, jangan keluar rumah agar dan tetap jalankan protocol kesehatan,”Pungkasnya

NOE