Satlantas Polres Jombang Bagikan Brosur Larangan Merokok Saat Berkendara

oleh -

JOMBANG – Sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor. Satlantas Polres Jombang mulai lakukan sosialisasi dengan cara menyebarkan brosur kepada para pengendara. 

Tak hanya membagikan brosur saja, namun para anggota yang bertugas di lapangan juga memberikan penjelasan kepada para pengendara terkait larangan merokok serta sanksi yang akan dikenakan.

“Sementara ini masih tahap sosialisasi saja, dan belum kita terapkan,” ucap AKP Inggal Widya Perdana, Kasatlantas Polres Jombang, Kamis (11/04/2019).

Ia menambahkan, sesuai dengan ketentuan, pengendara yang melanggar ketentuan larangan merokok akan dikenakan denda juga sanksi. 

“Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 2009, bagi pengendara yang melanggar akan dikenakan sanksi paling lama 3 bulan kurungan atau denda 750 ribu rupiah,” imbuhnya. 

Namun, saat ini peraturan tentang larangan merokok saat berkendara tersebut masih belum bisa diterapkan, sebab masih menunggu jukrah dari Ditlantas Polda Jatim. 

Ia berharap agar masyarakat khususnya di Kabupaten Jombang tetap menjadi pelopor dalam keselamatan berkendara serta mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita masih nunggu kepastian dari pihak Polda JawaTimur. Yang penting, masyarakat Jombang tetap jadi pelopor dalam berlalu lintas,” pungkas Inggal. 

Editor : Rusmiyanto