Satlantas Polres Jombang adakan pertemuan dengan IEA Jombang

oleh -

JOMBANG: Satuan lalulintas Polres Jombang menggelar rapat koordinasi dengan Komunitas Indonesian Escortibg Ambulance (IEA) Kabupaten Jombang, rapat tersebut bertujuan untuk memberikan pengarahan serta sosialisasi peraturan tentang aktifitas pengawalan atau pemandu ambulan di Kabupaten Jombang.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP A. Rizky Fardian Caropeboka mengatakan ada tiga poin penting dalam pengarahan tersebut yakni, pertama pengawalan ambulan oleh kendaraan roda dua atau organisasi pengawalan ambulance belum di atur oleh Undang – undang hal ini karena kendaraan ambulan sudah termasuk kendaraan yangg di prioritaskan dalam Undang-Undang Lalulintas dengan memiliki lampu rotator dan bunyi sirine. Poin Kedua pengawalan ambulan oleh kendaraan bermotor sangat berlawanan dengan aspek keselamatan di jalan raya juga membahayakan pengendara lain.

“Dan poin terakir yakni, jika memang membutuhkan pengawalan kendaraan silahkan berkoordinasi dengan petugas satlantas polres Jombang yang siap melayani 24 jam penuh,”Ujarnya. Selasa 3 Desember 2019.

Dalam Pertemuan tersebut juga disepakati bahwa, IEA korwil Jombang membuat surat pernyataan bahwa kegiatan pengawalan atau pemanduan ambulan dan atau jenis kendaraan lain dibekukan atau dihentikan sampai ada peraturan atau Undang-Undang yang mengatur kegiatan tersebut.

Koordinasi antara IEA Jombang dan Satlantas Polres Jombang

“Dan juga sudah kita sepakati bahwa Pihak IEA akan menghubungi atau menginformasikan minta bantuan kepada kepolisian apabila ada emergency,”Imbuhnya.

Pihaknya juga berharap agar IEA Jombang terus aktif serta tetap melakukan kegiatan kemanusiaan di Kabupaten Jombang.

“Yakni dengan bergabung kepada relawan-relawan yang ada di kabupaten Jombang, misal relawan bencana alam dan lain sebagainya,”Pungkasnya.(Noe)