Santri Jombang Desak Sandi Segera Minta Maaf

oleh -

JOMBANG-Ratusan santri serta warga yang mengatasnamakan Masyarakat Jombang Peduli Ulama, melakukan unjuk rasa mendesak calon wakil Presiden Sandiaga Uno segera meminta maaf.

Aksi tersebut terkait video cawapres nomer urut 2 yang melangkahi makam salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH. Bisri Syansuri, saat ia beserta rombongannya berziarah ke komplek makam pondok pesantren Denanyar beberapa minggu yang lalu.

Akibat peristiwa tersebut, hari ini masyarakat Jombang yang peduli Ulama melakukan longmarch dari Ringin Contong Kota Jombang menuju ke Makam KH. Bisri Syansuri di komplek makam ponpes Denanyar guna melakukan ziarah serta menyampaikan aspirasi.

Ada 7 poin dari aspirasi tersebut, diantaranya menyayangkan perbuatan Sandi yang tidak pantas dilakukan dan dinilai jauh dari tata krama atau adab dalam berziarah. Serta mendesak Sandi segera minta maaf secara terbuka baik kepada keluarga, para santri dan seluruh masyarakat.

Faiz Al Muntaqobat, koordinator aksi menegaskan, kami meminta supaya sandi segera meminta maaf kepada seluruh masyarakat atas tindakannya, baik itu disengaja ataupun tidak.

“Kami beserta santri dan warga jombang meminta sandi segera minta maaf atas perbuatannya yang melangkahi makam ulama panutan kami” ucapnya saat orasi di Ringin Contong, Senin 12/11/18.

Ia menambahkan, supaya Sandi yang merupakan calon wakil presiden belajar adab serta tata cara berziarah ke makam yang baik. “Jika perbuatan Sandi dilakukan dengan sengaja, maka sungguh naif dan tak bermoral. sebaiknya belajar tentang adab dan tata cara berziarah, terlebih itu adalah makam Ulama” imbuhnya. @VIN