Sambut HBA Kejati Jatim Gelar Nikah Massal

oleh -
Pasangan Nikah Massal di Kejati Jatim (Kabarjatim)
Pasangan Nikah Massal di Kejati Jatim (Kabarjatim)

SURABAYA-Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim menggelar nikah massal. Kali ini dari 20 pasangan hanya 4 pasangan yang bisa nikihkan dalam acara tersebut. Pasalnya, pasangan lainnya dianggap tidak memenuhi syarat.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati), Sunarta menjelaskan persyaratan yang tidak bisa dipenuhi oleh para calon peserta adalah, mereka sebelumnya telah menikah, namun tidak tercatat secara negara.

“Karena yang lain, dia sudah nikah siri. Tapi harus ada penetapan, penetapan lama, dua bulan. Jadi yang sudah siap saja,” ujar Sunarta, Selasa (17/7/2018).

Diakui Sunarta, nikah massal ini adalah Bhakti Sosial masyarakat yang merupakan program dari pusat, sehingga masing masing Kejaksaan Tinggi, juga melaksanakan kegiatan serupa.

“Semua Kejati menyelenggaran seharusnya. Kami hanya mampu empat, karena memang waktunya yang mepet, Alhamdulillah ini terlaksana,” terangnya.

Penyelenggaraan nikah massal ini, juga bekerjasama dengan Kementerian Agama wilayah Jawa Timur. Satu persatu pasangan calon pengantin menjalani proses akad nikah secara islam.

Salah satu pasangan pengantin yang baru saja menjalani ijab qabul, yakni Siti Tamilah asal Surabaya dan Sanuri asal Madura. Siti Tamila mengaku, memang akan melangsungkan pernikahan usai lebaran ini. Kemudian Ketua RT tempat tinggalnya memberi tahu adanya nikah massal Kejati Jatim.

“Sebenarnya kita mau nikah biasa, mumpung ada nikah massal, pingin aja ikut. Seneng, bahagia, pokoknya gak bisa diutarakan dengan kata kata,” aku Siti.

Siti Tamila, bersyukur mendapatkan kesempatan mengikuti nikah massal ini. “Terima kasih banyak atas semua kebaikan dari kantor Kejaksaan Tinggi. Semoga Alloh yang mengganti semuanya,” pungkasnya. @VIN