Salah Satu Pasangan Bakal Calon di Sidoarjo Positif Covid-19

oleh -

SIDOARJO : Salah satu pasangan bakal calon di Sidoarjo diduga terpapar covid-19 saat melakukan pendaftaran dikantor KPU Jalan Cemengkalang Sidoarjo. Hal itu diketahui setelah hasil swab ketiga pasangan bakal calon keluar dari RSUD. dr. Soetomo Surabaya.

“Berdasarkan hasil swab tes yang diberikan oleh pihak rumah sakit, ada salah satu calon yang hasil positif covid-19,” jelas Ketua KPUD Sidoarjo, M.Iskak saat dihubungi, Selasa, 8 September 2020.

Alhasil, satu dari ketiga pasangan calon tersebut diharuskan melakukan isolasi mandiri. Mengingat virus covid-19 mudah menyebar ke berbagai kalangan.

“Jadi, untuk hari ini pasangan calon yang terpapar covid-19 tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan sampai benar-benar sembuh alias negatif,” terangnya.

Disinggung soal pendaftaran kemarin, pihaknya membenarkan bahwa pasangan calon yang mendaftar ke KPU diharuskan menyetor hasil rappid atau swab. Namun, pada waktu yang bersamaan hasilnya baru keluar saat KPU melaksanakan verifikasi berkas.

“Hasilnya kemarin itu sempat disampaikan oleh LO paslon tersebut saat KPU melakukan verifikasi. Setelah mengetahui itu, kami meminta agar paslon tersebut segera meninggalkan kantor,” tegasnya.

Seharusnya, lanjut Iskak, pasangan calon yang terpapar covid-19 tersebut tidak harus datang. Mengingat penyebaran covid-19 yang begitu cepat.

“Selanjutnya, kami akan segera berkordinasi dengan gugus tugas covid-19 daerah, langkahnya seperti apa,” jelasnya.

KPUD Sidoarjo membuka pendaftaran bagi pasangan calon yang akan mengikuti kontestasi pilkada 2020. Ada tiga pasnagan calon yang mendaftar. Diantaranya, Bambang Haryo Soekartono dan Taufiqulbar yang diusung oleh lima partai diantaranya, Gerindra, Golkar, PPP, PKS dan Demokrat.

Sedangkan Paslon kedua Kelana Aprilianto dan Dwi Astutik yang diusung oleh PDI P dan PAN. Dan ketiga Pasqngan Achmad Muhdlor Ali dan Subandi yang diusung oleh PKB. NOE