Sah..!!! Megawati Kembali Pimpin PDI Perjuangan

oleh -

DENPASAR – Megawati Soekarnoputri resmi menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024. Presiden RI ke-5 itu kembali menjadi nahkoda partainya, setelah mendapat permintaan secara resmi dari seluruh pengurus partainya se- Indonesia.

Megawati juga telah diambil sumpah, tegas menyatakan kesiapannya untuk kembali menjadi Ketua Umum PDIP. Pengambilan sumpah itu dilakukan dalam rapat pleno Kongres V PDIP, yang dilaksanakan secara tertutup pada Kamis (8/8/2019) malam.

Awalnya, dalam sidang yang dipimpin Soerjo Respationo, seluruh pengurus cabang dan daerah menyampaikan sikap dan pandangannya. Pengurus PDIP dari seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri dibagi menjadi 9 zona, yaitu Sumatera, Sulawesi, Papua, Pulau Jawa dan Bali, Kalimantan, Maluku dan Maluku Utara, Propinsi Aceh, DPLN Zona Eropa dan Amerika Serikat, dan DPLN Zona Asia.

Setelah itu, Soerjo lalu menyatakan keputusan bahwa seluruhnya menyetujui keputusan itu. Dan meminta agar Megawati Soekarnoputri bersedia diambil sumpahnya menjadi ketua umum. “Apakah Ibu Megawati Soekarnoputri bersedia untuk kembali menjadi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan periode 2019-2024?,” tanya Soerjo.

“Iya, saya bersedia,” jawab Megawati.

Setelahnya, Megawati menyampaikan sumpahnya sebagai ketua Umum. Pengambilan sumpah itu selesai, Megawati lalu diminta untuk menyampaikan pidatonya. “Dengan segala hormat tugas ini saya terima,” kata Megawati, disambut tepuk tangan dari seluruh peserta kongres dalam sambutannya.

Megawati mengaku siap melaksanakan tugas berat untuk memimpin PDIP periode 2019-2024. Menurut Megawati, tugas berat itu diproleh setelah dirinya diminta secara aklamasi oleh 34 DPD se- Indonesia untuk kembali memimpin PDIP.

“Terima kasih saya telah mendapat tugas berat disuruh lagi menjadi Ketua Umum PDIP. Meskipun berat sekali, tapi karena saya berpikir demi kepentingan bangsa dan negara. Dan alhamdulillah saya diminta secara aklamasi oleh 34 DPD dan sekarang dengan penuh penghormatan dan kehormatan dipilih oleh utusan partai di dalam bagian AD/ART kta yaitu sebuah institusi tertinggi partai yg namanya kongres partai yang kelima,” kata Megawati.