Road Show Empat Ponpes di Jombang, Jokowi Resmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari

oleh -

JOMBANG– Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jombang Jawa Timur, tepatnya ke Empat Pondok Pesantren yang ada di kabupaten. Empat pondok pesantren yakni Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan Jombang, Pondok Pesantren Tebuireng, Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar, serta Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras.

Kunjungan Presiden RI Joko Widodo diawali dari Pondok pesantren Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan Jombang, yakni dengan meresmikan meresmikan Rusunawa Universitas Pesantren Darul ‘Ulum. Serta melaksanakan shalat Dhuzur berjamaan dengan pengurus Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan dan Jokowi bertindak sebagai Imam.

Kunjungan kerja dilanjutkan ke Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang guna meresmikan Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari. Kedatangan orang nomor satu di Republik indonesia ini disambut langsung oleh pengasuh Pondok pesantren Tebuireng KH Sholahuddin Wahid bersama forkopimda Kabupayen Jombang.

Usai menggelar pertemuan tertutup dengan pengurus pondok pesantren tebuireng, Jokowi melakukan ziarah ke Komplek pemakaman Tebuireng dengan didampingi oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Lucky Hermawan. Kemudian dilakukan acara peresmian Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari.

“Perlu kita teladani perjuangan K.H. Hasyim Asy’ari. Saat momentum merebutkan dan mempertahakan kemerdekaan negara ini,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari, Selasa (18/12/2018).

Jokowi juga mengingatkan bahwa bangsa indonesia yang ada saat ini turut dibentuk oleh ulama, santri serta elemen bangsa sehingga terjadilah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bangsa kita majemuk perbedaan tradisi dan bahasa daerah adalah perbedaan tersebut jangan menjadi pemecah tapu sebagai pemersatu bangsa dengan persaudaraan,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur antara lain Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Staf Khusus Presiden Johan Budi, dan Wakil Komandan Paspampres Marsma TNI Deny Muis. @VIN