Ribuan Warga Sumenep Belum Miliki e-KTP

oleh -
Ilustrasi
Ilustrasi

SUMENEP- Warga Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sampai saat ini masih belum total memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat menyebut, masih ada 48,728 ribu penduduk yang belum miliki kartu identitas tersebut.

“Sampai saat ini warga Sumenep yang belum memiliki e-KTP itu ada sekitar 48 ribu,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Syahwan Efendi.

Menurutnya, pihak dinas belum bisa melaksanakan secara total selain adanya program jemput bola. Namun, pihaknya optimis seluruh warga Sumenep akan memiliki kartu identitas tersebut.

Masyarakat juga diharapkan agar memaksimalkan program jemput bola tersebut. Sehingga, pihak dinas dengan warga ada kesamaan keinginan untuk penyelesaian perekaman e-KTP.

“Bulan ini kami mendapatkan tambahan blanko sekitar 10 ribu, sudah dilakukan pemetaan petugas guna memaksimalkan pencetakan KTP,” terangnya.

Diketahui, puluhan ribu warga Sumenep yang belum memiliki e-KTP ini menurutnya hampir mencapai 30 ribu pemohon KTP. Ribuan warga tersebut hingga saat ini masih menggunakan surat keterangan (Suket).

Suket tersebut diberikan sebagai alat pengganti e-KTP dan sebanyak 18,728 KTP wajib yang telah menggunakan perekaman, masih belum mendapatkan e-KTP karena ketersediaan blangko minim.

“Selama ini setiap bulan kami hanya mendapatkan persediaan 500 lembar blangko, jadi banyak yang belum cetak. Tapi Alhamdulillah, untuk bulan ini kami dapat menambah 10 ribu lembar,” tandasnya.

Adapun warga Sumenep yang sudah melakukan perekaman e-KTP yakni sebanyak 862.321 orang. Sementara untuk wajib e-KTP mencapai 892.141. VIN