Ribuan Santri Tebuireng Gelar Sholat Istisqa

oleh -

Jombang: Ribuan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Kabupaten Jombang, menggelar sholat Istisqa, di halaman Kampus Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng, Senin 30/09/19.

Dengan dipimpin oleh KH. A. Masduki Abdurrahman, yang juga sebagai imam sholat Istisqa, kegiatan sholat tersebut di mulai pukul 11:00 Wib, dibawah terik matahari. Dengan tujuan bisa segera turun hujan.

“Mudah – mudahan setelah kita beristisqa (shalat Istisqa) ini, Alloh menurunkan rahmat-Nya. Mudah – mudahan (daerah) tetangga kita yang dilanda kekeringan, bisa segera turun hujan,” ucapnya.

Ia menambahkan, sholat Istisqa merupakan ikhtiar yang dilaksanakan pesantren Tebuireng untuk kemaslahatan seluruh umat dan seluruh mahluk di dunia yang sedang memerlukan hujan.

“Jadi ini bukan hanya untuk Tebuireng saja, tapi juga untuk seluruh wilayah Indonesia yang kini dilanda kesusahan, kekeringan,” imbuhnya.

Terpisah, Mudir Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng, Ahmad Syakir Ridwan mengungkapkan, selain doa agar segera turun hujan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendoakan perdamaian dan kerukunan bangsa Indonesia.

“Tadi kita juga memanjatkan doa untuk kedamaian bangsa Indonesia. Doa untuk persatuan Indonesia, perdamaian, negeri yang aman, damai dan sentosa,” tegasnya.

Kepala Pondok Pesantren Tebuireng, Iskandar mengungkapkan, ribuan santri yang mengikuti sholat Istisqa terdiri dari mahasiswa dan santri di seluruh lembaga pendidikan pesantren Tebuireng.

Dibawah sengatan terik matahari, ribuan santri tampak khusyu’ mengikuti seluruh prosesi shalat Istisqa hingga khutbah berakhir.(Noe)