Ribuan Santri Gelar Istighasah dan Baksos di Makam Raja Sumenep

oleh -

S UMENEP-Dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) 2019, ribuan santri di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melakukan bersih-bersih makam raja-raja Sumenep.

Ribuan santri itu tampak antusias bergotong royong membersihkan makam raja yang ada di Asta Tinggi Sumenep.

Gerakan bersih-bersih tersebut diawali dengan shalat subuh berjamaah dan istighasah di aula komplek Asta Tinggi.

Sementara istighasah dipimpin oleh KH. Hafidzi Sarwini dan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Sumenep, KH. Panji Taufiq.

“Selain sebagai rentetan Hari Santri, ini juga bagian dari menyatukan NU dan para pendahulu yang ada di Asta Tinggi Sumenep,” kata KH. Panji Taufiq.

Ribuan Santri saat Ziarah

Melalui kegiatan HSN itu pihaknya ingin mengenalkan lebih dekat Asta Tinggi kepada generasi muda, khususnya kaum santri.

“Seperti kita ketahui bersama, pendahulu kita ini banyak corak keberagamannya. Namun, keislamannya yaitu Ahlusunnah Waljamaah. Islam yang mengedapankan akhlak mulia,” katanya.

Selain bergotong royong membersihkan makam raja-raja, Santri dan PC NU Sumenep juga menyerahkan sejumlah alat kebersihan seperti sapu lidi dan tempat sampah plastik kepada pengelola Asta Tinggi Sumenep.

Sehingga bisa dimanfaatkan sehari-hari dalam melakukan pembersihan di lingkungan makam raja. “Kami ingin di Hari Santri ini juga ditanamkan tentang kebersihan dan kepedulian, sehingga nanti hal baiknya bisa kita rasakan bersama,” tandasnya. VIN