Ribuan GTT Jember Kecewa dengan Batasan Usia Seleksi CPNS

oleh -

JEMBER – Ribuan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kabupaten Jember menuntut pemerintah menghapus pembatasan usia 35 tahun sebagai syarat mengikuti seleksi CPNS.

Kebijakan tersebut membuat mayoritas GTT dan PTT di Jember yang berjumlah 4.700 orang tidak dapat mengikuti seleksi CPNS 2018.

“Ada ribuan GTT PTT dan mengabdi puluhan tahun. Mereka kecewa karena aturan KemenPANRB yang membatasi usia seleksi CPNS 2018,” ujar Ketua IKIP PGRI Jember, Supriyono, saat beraudiensi dengan anggota DPRD Jember, Senin siang (29/10/2018).

Supriyono menjelaskan ada ribuan GTT PTT di Jember yang usianya kelewat batas. Padahal, mereka telah mengabdi menjadi guru honorer bahkan sampai lebih dari 20 tahun. “Harapannya mereka menjadi honorer adalah ingin jadi PNS,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaedi mengatakan DPRD Jember sepakat tidak perlu ada batasan usia pada seleksi penerimaan CPNS. Menurut dia, pengorbanan GTT dan PTT selama puluhan tahun layak diapresiasi sehingga perlu diberikan kesempatan yang sama.

“Ya mereka ini kan sudah mengabdi puluhan tahun, pasti lebih berpengalaman lah. Kalau ada yang lebih berpengalaman ngapain cari yang baru kan,” ucap Ayub.

Editor: Ahmad Saefullah