Rekapitulasi Pemilu di Sumenep Tetap Berjalan Meski Sebagian Logistik Belum Dikembalikan

oleh -

SUMENEP – Rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di tingkat kabupaten di Sumenep terus berjalan meskipun logistik Pemilu tidak secara keseluruhan dikembalikan ke KPU setempat.

Sebab, sampai detik ini logistik di Kecamatan Masalembu belum dikembalikan. Sementara KPU telah melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten, sejak Selasa, 25 April 2019 kemarin.

Penyebab logistik di Masalembu tidak kunjung dikembalikan salah satunya di salah satu TPS di kecamatan tersebut dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). “Kita PSU kemarin, dan hari ini belum dikembalikan,” kata Ketua PPK Masalembu, Deddy Suryadi, saat dihubungi.

Meski begitu, Dedy menjamin logistik Pemilu dalam kondisi aman karena dikawal oleh aparat keamanan, baik dari unsur Polri maupun TNI.

Sesuai rencana awal, pengembalian logistik direncanakan akan dilakukan besok. “Rencana Kamis (logistik dikembalikan ke KPU),” tegasnya.

Sementara Komisioner KPU Sumenep Malik Mustofa menjelaskan, dari 27 kecamatan di Sumenep, ada empat kecamatan yang belum mengembalikan logistik Pemilu 2019.

“Ada empat kecamatan yang belum mengembalikan, diantaranya Kecamatan Masalembu, Sapeken, Arjasa dan Kangayan,” katanya.

Dia memastikan, sebelum proses rekapitulasi selesai, logistik dari empat kecamatan tersebut dipastikan sudah tiba di KPU Sumenep. “Besok jika tidak ada kendala semuanya sudah tiba di kantor KPU,” tandasnya.

Diketahui, proses Pemilu di Pulau Masalembu sempat menjadi perhatian masyarakat. Bahkan pelaksaan pesta demokrasi sempat dihentikan karena terindikasi terjadi kecurangan di TPS 3 Desa Masalima, Kecamatan Masalembu.

Berdasarkan hasil investigasi, akhirnya KPU melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk satu TPS tersebut, pada Selasa, 24 April 2019. Sementara rekapitulasi tingkat kabupaten ditargetkan selesai antara tiga sampai empat hari.