Ratusan Napi Lapas Klas II B Jombang Ikuti Perlombaan HUT RI

oleh -

JOMBANG – Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke – 74, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Jombang, menggelar berbagai kegiatan perlombaan antar Narapidana.

Kegiatan perlombaan ini diikuti oleh ratusan narapidana yang menghuni lapas tersebut, baik napi laki – laki dan napi perempuan. Mulai dari lomba Volly, Lomba Adzan, Tarik Tambang, Balap Makan Krupuk, Lomba Catur, Pukul Kantong Plastik Isi Air dan masih banyak lagi.

Kasi Pembinaan Lapas Klas II B Jombang, Setyo Wahyudi menuturkan, kegiatan perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan para narapidana terhadap bangsa Indonesia.

“Ini kan momennya hari kemerdekaan Bangsa Indonesia, biar para penghuni lapas tidak melupakan sejarah tersebut, serta dengan diadakannya lomba kayak gini, mereka serasa berada di rumahnya sendiri,” ucapnya saat ditemui Kabarjatim.com, Jum’at (09/08/2019).

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara membangun kebersamaan antar napi di dalam lapas, supaya mereka betah dan mempunyai semangat yang tinggi,” imbuhnya.

Selain perlombaan, lanjut Setyo, tiap tanggal 17 Agustus diadakan upacara bendera di dalam lapas yang di ikuti oleh semua narapidana serta para petugas.

“Upacara bendera mayoritas dilakukan oleh warga binaan sendiri, baik komandan upacara, pengibar bendera dan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Dian Puspita, salah satu narapidana perempuan yang mengikuti lomba merasa senang dan semakin bersemangat, sebab kebersamaan antar napi semakin erat.

“Kita merasa senang, sebab dengan adanya perlombaan ini kita jadi ada kegiatan. Kita juga bisa merayakan hari kemerdekaan Bangsa Indonesia walaupun saat ini tidak berada di rumah,” terangnya.

Usai perlombaan, para narapidana disuguhi sebuah tarian senam poco – poco yang dilakukan oleh sejumlah warga binaan perempuan dan laki – laki. Terlihat para narapidana dengan wajah yang ceria saat menyaksikan temannya senam.