Ratuasan Pemohon Banpres Tahap III serbu Dinas UMKM Jombang

oleh -

JOMBANG; Ratusan Warga memadati Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jombang. Hal tersebut dilakukan guna menyusul dibukanya penganjuan permohonan Bantuan Presiden (Banpres) tahap III.

Pantauan Dilokasi, Sejak pukul 06.00 pagi, warga Jombang mengantri di depan Kantor Dinas Koperasi Jombang, yang berlamatkan di Jalan Presiden KH. Abdurrahman Wahid No.132, Candi Mulyo, Kecamatan Jombang. Warga yang datang ke kantor tersebut adalah para pelaku usaha yang sebelumnya sudah mendaftar secara online untuk mendapat bantuan UMKM sebesar 2.4 juta.

Susi Milawati, (42) warga Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, mengatakan, dirinya sudah mendaftar melalui pendaftaran online di situs bantuan usaha mikro, kemudian datang ke kantor Dinas untuk melengkapi syarat-syarat dan meyetorkan berkas pengajuan.

“Saya kemarin sudah daftar online, ini tadi kesini menyetorkan berkas,”Ujar Perempuan yang berprofesi sebagai penjual kopi ini. Senin, 7 September 2020.

Ia mengaku, usahanya sekarang lagi sepi karena situasi pandemi dan berharap bantuan UMKM ini segera turun. “Biasanya sehari dapat 200-300 ribu per hari, sekarang dapat di bawah 100 ribu per harinya,”Imbuhnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Dinas Koperasi dan UMKM Jombang, Aris Yuswantoro mengatakan, Data pemohon online sudah banyak yang masuk pada Minggu, (6/9) kemarin, sebelumnya di hari jumat, (4/9) kemarin, Dinas Koperasi telah mengirim data ke pusat.

“Kemarin minggu jam 12 malam, data online yang masuk sebanyak 12.000, lalu di hari jumat kemarin jam 12 malam, data yang sudah terkirim ke pusat sebanyak 14.659,”Jelasnya.

Ia juga mengatakan, setiap penerima bantuan UMKM akan di tentukan oleh pusat.”Yang memberikan keputusan dapat bantuan atau tidak, itu dari pusat,” Tutupnya. NOE