PWNU Jatim Kirim Bantuan Obat-obatan dan Pakaian ke Lombok

oleh -
Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar saat memberangkatkan Bantuan ke Lombok (amal/Kabarjatim)
Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar saat memberangkatkan Bantuan ke Lombok (amal/Kabarjatim)

SURABAYA-Pengurus Wilayah Nahdhotul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengirimkan bantuan berupa makanan, pakaian dan obat-obatan untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tak hanya itu, PWNU juga mengirimkan 30 relawan berupa tenaga medis serta terapis trauma healing.

Meraka diberangkatkan dari kantor PWNU Jawa Timur, Jalan Masjid Akbar Surabaya. Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar mengatakan, tim tersebut akan berada di lokasi selama 1 bulan.

“Kita lihat situasinya seperti apa. Mereka akan disana kurang lebih 1 bulan,” kata Kiai Marzuqi, Kamis (9/8/2018).

Untuk kali ini sebanyak 15 relawan yang berangkat ke lombok. Selanjutnya, menyusul relawan berikutnya. Terutama mereka relawan trauma healing untuk memulihkan korban gempa Lombok.

Ia mengatakan, alasan pengiriman bantuan ini adalah sebagai bentuk pengamalan nilai-nilainya yang dianut oleh NU. Nilai-nilai keimanan bergantung pada kemanusian yang diterapkan sebagaimana dicontohkan oleh Rosulullloh.

Diakuinya, sebagai sesama anak bangsa, memiliki satu rasa, satu hati, satu pikiran, dan menurutnya harus seperti itu. Sehingga, dimanapun bagian bangsa ini ada yang sakit maka, yang lain juga ikut merasakan sakit.

“Dalam ajaran Islam, Alquran, keislaman keimanan seseorang itu antara lain diukur dengan seberapa jauh kita peduli dengan muslim yang lain bahkan dengan umat yang lain meskipun mungkin non-muslim,” tuturnya.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 7,0 SR yang terjadi di Lombok dan sekitarnya pada Minggu 5 Agustus 2018, telah menelan ratusan korban jiwa, serta korban luka luka. @ViN