Puluhan Warga Sidoarjo Diperiksa Kejaksaan Terkait Dugaan Penyelewengan Jalin Matra

oleh -
Sejumlah Warga Saat Diperiksa Sebagai Saksi di Kantor Kejaksaan Negeri (kejari) Sidoarjo
Sejumlah Warga Saat Diperiksa Sebagai Saksi di Kantor Kejaksaan Negeri (kejari) Sidoarjo

SIDOARJO-Program Pemerintah Propinsi Jawa Timur Jalan lain menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) tahun 2016 menuai masalah. Kali ini, Puluhan Warga Desa Gamping Wetan Kecamatan Krian Sidoarjo diperiksa penyidik Kejaksaan Negeri Sidoarjo sebagai saksi atas kasus dugaan penyelewengan Bantuan Sosial Jalin Matra.

Sebelumnya puluhan warga juga diperiksa dengan status yang sama sebagai saksi di Kantor Kejaksaan Negeri Sidoarjo. Mereka mulai diperiksa sejak pukul 12.00 Wib.

Kasi Intelijen Negeri Sidoarjo, Idham Kholid mengungkapkan ada sekitar 75 saksi yang sudah dilakukan pemeriksaan terkait Bansos Jalin Matra ditahun 2016. Sebagian besar mereka merupakan penerima program tersebut.

“Mereka dipanggil hanya untuk dimintai keterangan terkait penerimaan Bansos Jalin Matra ditahun 2016,” ujar Idham Kholid, Selasa, (28/8/2018).

Pihaknya menduga ada penyelewengan dana bansos Jalin Matra yang diterima oleh warga. Sehingga pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap warga sebagai penerima bantuan dana sosial Jalin Matra.

“Dugaannya ada kebocoran anggaran yang tidak sesuai saat penyaluran program jalin Matra kepada penerima. Sampai saat ini masih kita lakukan pemeriksaan. Untuk hasilnya nanti dulu,” tegasnya.

Sementara itu, Sutris, (52) salah satu warga mengaku jika bantuan itu sudah diterimanya sejak 2016 lalu. Bantuan itu berupa barang seperti, kompor, rice cooker, rombong bakso, dan lain-lain. Dirinya merasa kaget lantaran ada surat pemanggilan dari Jaksa yang dilakukan hari ini.

“Hari ini seharusnya saya bekerja untuk mendapatkan uang, ternyata dapat panggilan itu,” singkat Sutris yang berprofesi sebagai pedagang.

Program Bantuan Sosoal Jalin Matra merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur sejak 2015 lalu. Program terbagi dalam tiga jenis diantaranya, bantuan Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan. @VIN