Puluhan Ribu Warga Malang Belum Lakukan Perekaman E-KTP

oleh -

MALANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang mencatat 44.545 penduduk belum melakukan perekaman E-KTP.

Mereka diimbau segera mengurus kelengkapan administrasinya dengan memanfaatkan kesempatan perekaman yang dimulai awal Oktober hingga awal Desember 2018 mendatang.

“Kami imbau waktu itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, agar hak-hak kependudukannya maupun hal administratif berkaitan dengan data kependudukan tidak terganggu,” ujar Wali Kota Malang Sutiaji kepada media.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Eny Hari Sutiarni, menyatakan animo masyarakat mengurus E-KTP masih minim. Di Kelurahan Kota Lama misalnya, yang hadir melakukan perekaman baru 83 jiwa, sedangkan 3.769 jiwa belum melakukan perekaman.

“Warga diberikan 3 (tiga) ruang lokasi untuk melakukan perekaman, yang pertama di kelurahan di mana dia berdomisili, lalu di kelurahan terdekat di mana yang bersangkutan tinggal atau bisa langsung di kantor Dispendukcapil dan juga bisa melalui pelayanan mobil keliling,” terangnya.

Ia menambahkan lambatnya perekaman E-KTP ini dikarenakan adanya perubahan data, seperti telah meninggal dunia, perpindahan luar kota atau juga yang bersangkutan berada di luar kota.

“Oleh karenanya, awal Oktober kita telah mengirimkan form ke kelurahan kelurahah untuk dialirkan ke RT/RW, agar dapat terverifikasi dan terdata kembali,” ujarnya.