Puluhan Liter Eco Enzyme Dituangkan ke Sungai Bedadung

oleh -

JEMBER – Sejumlah komunitas menuangkan Eco Enzyme di Sungai Bedadung, Jember, Jawa Yimur, secara terpisah di beberapa titik.

Penuangan eco enzyme ini untuk mengurangi bau serta mempercepat proses penguraian limbah organik.

Awalnya kegiatan penuangan akan diselenggarakan bersama-sama yang berlokasi di Cafe Kolong. Namun, mempertimbangkan kerumunan yang padat di masa pandemi Covid-19, akhirnya diurai di beberapa tempat.

Tim Susur Sungai menuang eco enzyme menggunakan perahu di sepanjang aliran Sungai Bedadung. Ada sekitar 50 liter eco enzyme yang dituangkan. Dari SD Rukun Harapan juga menuang eco enzyme di aliran Sungai Bedadung.

Sobung Sarka bersama perwakilan Eco Enzyme Jember mengambil lokasi di bawah Jembatan Imam Bonjol yang juga masih aliran Sungai Bedadung.
Pada saat yang sama, ada kegiatan pengerukan dan pembersihan sampah di sekitar TPS Imam Bonjol. Sampah yang dibuang secara tidak bertanggung jawab ini menumpuk di sisi kanan kiri badan jalan.

Menimbulkan bau busuk yang sangat menyengat. Sebagian eco enzyme yang dibawa disemprotkan di TPS dan bahu jalan yang sudah dibersihkan untuk mengurangi bau tersisa.