Puluhan Kendaaraan Terjaring Razia Gabungan di Jombang

oleh -

JOMBANG – Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Jawa Timur, Satuan Lalulintas Polres Jombang serta Polisi Militer menggelar razia di jalur nasional Surabaya Madiun, tepatnya di jembatan timbang Mojoagung.

Sejumlah mobil angkutan barang dan angkutan penumpang yang melintas di kawasan tersebut dihentikan petugas dan diperiksa kelengkapannya. Bahkan kendaraan pribadi dan roda dua yang melintas juga turut diperiksa.

Kasi Pengawasan dan Pengendalian UPT LLAJ Mojokerto Dishub dan LLAJ Jatim, Yoyok Kristio Wibowo mengatakan razia yang digelar tersebut dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas.
“Razia kali ini sasarannya selain kendaraan angkutan barang, juga penumpang,” ujarnya saat ditemui di lokasi razia, Jumat 9 November 2018.

Dalam razia yang digelar selama satu jam, yakni mulai pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB, sebanyak 214 kendaraan berhasil diperiksa dan menemukan 33 pelanggaran.

“Hasil operasi kali ini yakni kita temukan, Pelangaran dimensi kendaraan 14 Kendaraan, Mati Uji 9 Kendaraan, tatacara Muat satu Kendaraan, Ban vulkanisiran satu Kendaraan, tidak sesuai peruntukamnya 3 Kendaraan, pelanggaran Handrem 1 Kendaraandan KPS mati 2 Kendaraan,” imbuhnya.

Bagi kendaraan yang melanggar langsung dikenakan tilang dan diharuskan mengikuti persidangan dipengadilan. “Karena razia yang kita gelar ini tipe B, bagi yang terjaring diharuskan mengikuti sidang di pengadilan, dan kita tindak dengan menggunakan tilang,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Urusan pembinaan Operasi lantas (KBO Satlantas) Polres Jombang, Iptu Totok P dalam razia gabungan tersebut pihaknya mampu menindak sebanyak 28 pelanggar.

“Mayoritas berupa pelanggaran administratif, yakni kita tahan 25 Surat tanda Nomor kemdaraan, satu Surat Izin Mengemudi dan 2 kendaraan bermotor roda dua,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Saefullah