Puluhan Calon Jamaah Haji Asal Sumenep Mengundurkan Diri

oleh -

SUMENEP – Sebanyak 40 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, tidak jadi berangkat pada tahun ini. Mereka tiba-tiba mengajukan penundaan atau mengundurkan diri jelang pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

“Ada 40 orang yang mengundurkan diri, ada juga yang masih menunggu isterinya atau keluarganya,” kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sumenep, Rifa’i Hasyim.

Ia menuturkan, kuota haji untuk Kabupaten Sumenep saat ini berjumlah 742 CJH. “Kemudian dari 702 jamaah calon haji yang berencana berangkat tahun ini yang sudah melunasi BPIH baru 253 orang,” terangnya.

Saat ini, lanjut Rifa’i, para CJH asal Kabupaten Sumenep sedang menjalani pemeriksaan biometrik di Surabaya. “Pemeriksaan biometrik ini wajib dijalani para CJH sebagai salah satu syarat penerbitan visa, selain bukti lunas penyetoran BPIH dan bukti meningitis,” pungkasnya.

Sementara untuk kursi jamaah haji yang mengundurkan diri, sesuai regulasi akan diisi oleh jamaah cadangan. Namun sebelum itu, pihak Kemenag akan melaporkan pengunduruan diri sejumlah jamaah tersebut ke Kemenag Provinsi.

Editor : Ahmad Saefullah