PT INKA Eksport 15 Kereta BATCH-I ke Bangladesh

oleh -
PT INKA saat pemberangkatan Export Kereta Api ke Bangladesh
PT INKA saat pemberangkatan Export Kereta Api ke Bangladesh

SURABAYA-Kembali PT INKA melakukan ekspor gerbong Kereta Api menuju negara Bangladesh. Pengiriman BATCH-I (pertama) dilakukan pada Minggu 20 Januari 2019, melalui pengiriman jalur laut di Pelabuhan Jamrud Utara, Tanjung Perak, Surabaya.

Pengiriman BATCH-I kali ini berjumlah Total 15 gerbong, dan secara total untuk gerbong kereta api yang dikirim atau Exspo ke negara Bangladesh dengan total 250 gerbong.

Jenis gerbong kereta penumpang Batch-I ini merupakan pengiriman kereta untuk tipe 86 (Broad Gauge) dengan jumlah total 15, sisanya dikirim bertahap melalui pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sampai dengan bulan Juli 2019.

Hadir selama peresmian pengiriman kereta jenis Batch-I, Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.
Selama sambutan peresmian eksport kereta BATCH-I, Hartarto memberikan apresiasi.
“Selama proses ekspor yang sudah lama dilakukan PT. INKA merupakan kebangaan sendiri bagi bangsa Indonesia, Bangladesh telah mempercayai produk Indonesia sebagai angkutan penumpang yang aman dan nyaman, hal tersebut sudah terbukti bahwa dengan total gerbong kereta api yang di produksi oleh PT. INKA sudah di fungsikan di negara Bangladesh,” ujarnya.

Secara keseluruhan, PT INKA (Persero) memproduksi 250 kereta untuk Bangladesh Railway dengan rincian yakni 50 kereta tipe 86 (Broad Gauge) dan 200 kereta tipe MG (Meter Gauge). Perbedaan kereta antara kereta tipe BG dan kereta tipe MG tedetak pada lebar track (track gauge) yang digunakan. Untuk kereta tipe BG digunakan pada track dengan lebar 1.676 mm atau 16,76 m sedangkan kereta tipe MG digunakan pada track dengan lebar 1.000 mm atau 10 meter.

Masing-masing tipe tersebut akan dirangkai beberapa jenis kereta, baik yang menggunakan air conditioned (AC) maupun non-AC, yakni W1C (kereta tidur AC), WJCC (kereta penumpang AC), WEC (kereta penumpang non-AC), WPC (kereta pembangkit), dan WECDR (kereta makan). Pada pengiriman Batch-1 inijenis kereta yang dikirimkan terdiri dari 1 W1C, 1 WJCC, 10 WEC, 2 WECDR. dan 1 WPC.

Kapasitas kereta tipe BG dengan lebar 16,76 meter memiliki tempat duduk sebanyak 90 seats, baik untuk jenis WJCC (ber-AC) maupun WEC (non-AC). Sedangkan untuk kereta tipe MG, tempat duduknya berjumlah 55 seats (tempat duduk) untuk jenis WJCC (ber-AC) dan 60 seats untuk jenis WEC (non-AC).

Ekspor 250 gerbong kereta api ke pihak Bangladesh Railway sudah dilakukan sejak PSeptember 2017. Kontrak yang sudah berjalan antara PT INKA dengan pihak negara Bangladesh senilai nilai U5$ 100. 890 juta untuk 250 kereta yang dikirim sejak September 2017 hingga saat ini.

Sebelumnya pada tahun 2016, PT INKA (Persero) juga telah mengekspor sebanyak 150 kereta dengan nilai kontrak senilai US$ 72,39juta dan 50 kereta ke Bangladesh pada tahun 2006 dengan nilai kontrak gebesar US$ 13,8 juta.

PT lNKA (Persero) telah menjalin hubungan baik dengan beberapa negara dengan ekspor produksi gerbong Kereta. Selain itu juga memenuhi pesanan kereta ke luar negeri lainnya meliputi Power Generating Car (PGC) dan gerbong barang ke Malaysia; Well Wagon ke Singapura; Ballast Hopper Wagon (BHW) ke Thailand; Lokomotif ke Filipina; dan Blizzard Center Sills ke Australia.

Editor : Nurul Arifin