Produksi Padi Jatim Tertinggi Se- Indonesia

oleh -

SURABAYA: Produksi padi di Jawa Timur peringkat pertama sebagai produsen padi terbesar di Indonesia tahun 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produksi padi Jatim mencapai 10,02 juta ton pada 2020, naik 0,44 dari 9,58 juta ton padi tahun 2019.

“Capaian ini mengukuhkan peran Jatim sebagai provinsi penyanggah pangan nasional, untuk menunjang pembangunan pertanian,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Senin (19/10/2020).

Sementara daerah dengan produksi padi terbesar adalah Kabupaten Lamongan, yakni 0,87 juta ton padi. Disusul peringkat kedua Kabupaten Ngawi 0,83 juta ton, dan ketiga Kabupaten Bojonegoro 0,74 juta ton. 

Apabila dilihat dari jumlah kenaikan dibanding tahun 2019, lanjut Khofifah, maka kenaikan tertinggi produksi padi di Jatim terjadi di Kabupaten Ponorogo yakni sebesar 74,61 ribu ton, Kabupaten Ngawi 52,28 ribu ton, dan Kabupaten Bojonegoro 45,32 ribu ton. 

“Artinya apa, Jatim masih tetap mampu menjaga keberlangsungan produktivitas di sektor pertanian khususnya komoditi padi meski di tengah pandemi,” kata Khofifah. 

Meski demikian, Khofifah mengaku akan terus menggenjot produktivitas di sektor pertanian meski pandemi covid-19 sampai saat ini belum berakhir. Kata Khofifah, sektor pertanian menjadi sektor andalan yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi.

“Sektor pertabian juga sebagai instrumen untuk mendorong pemulihan ekonomi atas dampak pandemi Covid-19,” ujarnya. NOE