Prabowo Ziarah ke Makam Gus Dur dan Para Pendiri NU

oleh -

JOMBANG – Calon presiden Prabowo Subianto melakukan ziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan para pendiri NU seperti KH Hasyim Asyari dan KH Wahab Hasbulloh di Jombang, Jawa Timur, Kamis (6/9/2018).

Setelah berdoa, Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019 melakukan tabur bunga di makam para tokoh nasional tersebut. Makam Gus Dur dan KH Hasyim Asyari berada di Kompleks Pesantren Tebuireng, sementara makam KH Wahab Hasbulloh berada di Komplek Pesantren Tambak Beras.

Dalam keterangannya kepada media, Prabowo mengatakan nahdiyin merupakan komponen penting dalam kehidupan berbangsa sehingga ia merasa perlu untuk berziarah ke makam para pendiri Nahdatul Ulama. Dalam kesempatan ini dia juga meminta dukungan dari seluruh warga nahdiyin dan komponen masyarakat lainnya.

Selain Prabowo, makam Gus Dur dan para Pendiri NU terlebih dahulu sudah didatangi oleh calon wakil presiden KH Ma’ruf Amin pada Senin 3 September lalu. Pasangan Jokowi pada Pilpres 2019 itu sebelum berziarah terlebih dahulu beramah tamah dengan keluarga dan pengurus Pesantren Tebuireng.

Dalam kesempatan tersebut, KH Ma’ruf Amin didampingi Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar. Usai bertawasul dan berdoa, kepada media KH Ma’ruf Amin menyatakan kedatangannya ke makam Gus Dur dan KH Hasyim Asyari dalam rangka meminta restu untuk maju sebagai cawapres.