PPK Kecamatan Tarik Gelar Simulasi Pemilu Dimasa Pandemi

oleh -

SIDOARJO: Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Tarik menggelar simulasi pelaksanaan pemungutan suara jelang Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo. Simulasi tersebut digelar agar para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ditingkat desa paham mekanisme pemilihan dalam masa pandemi.

Pantauan dilokasi, di Pendopo Kecamatan Tarik Simulasi tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Kecamatan Tarik, dan 122 Ketua KPPS dan 20 Ketua PPS.

Ketua PPK Kecamatan Tarik, Alik Inayah mengatakan bahwa Dalam simulasi tersebut ada salah satu kasus bagaimana memperlakukan pemilih yang suhu tubuhnya diatas 37, 3 Celcius saat datang ke TPS.

“Pemilih tersebut akan mendapatkan perlakuan khusus, yakni dengan cara mencoblos di bilik khusus yang berada di luar TPS dan petugas diwajibkan untuk menggunakan APD lengkap dengan Hazmat untuk mendampingi pemilih tersebut,”Ujarnya saat ditemui usai simulasi pemilihan. Jumat, 4 Desember 2020.

Ia menambahkan, dalam melaksanakan pemilihan, pengguna hak pilih diwajibkan untuk menggunakan Sarung Tangan Plastik dan masker yang disiapkan oleh KPU di masing-masing TPS.

“Pemilu tahun ini memang sangat berbeda, karena di masa pandemi dan harus mematuhi protokol kesehatan,”Imbuhnya.

Masih menurut Alik, pihaknya menegaskan untuk pemilu di masa pandemi ini, pihaknya berharap agar para pengguna hak pilih tidak takut untuk datang ke TPS memberikan hak pilihnya.

“Jadilah pemilih yang cerdas dan mari bersama sukseskan pemilu dengan datang ke TPS,”Pungkasnya. NOE