Pos Pelayanan bertemakan Autobot di Gresik, Dilengkapi Fasilitas Edukasi Pemilu

oleh -
Pos Pelayanan Natal dan Tahun Baru yang berlokasi di pusat Kota Gresik bertema Autobot
Pos Pelayanan Natal dan Tahun Baru yang berlokasi di pusat Kota Gresik bertema Autobot

GRESIK-Pos Pelayanan Natal dan Tahun Baru yang berlokasi di pusat Kota Gresik berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Pos bertema Autobot Transformer kali ini juga menyajikan edukasi tentang pemilu 2019. Salah satunya menyajikan contoh warna kertas suara untuk masing-masing dapil.

Kemudian, dilengkapi dengan monitor berisikan sosialisasi pemilu damai. Dan mengajak masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoax. Meski demikian, memberikan pelayanan dan keamanan kepada masyarakat tetap menjadi prioritas utama pihak kepolisian.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro menjelaskan, pos pelayanan ini menjadi pusat di wilayah kota. Beberapa CCTV yang terpasang di sejumlah titik terkoneksi langsung dengan monitor yang terpasang di dalam pos. Petugas yang berjaga bisa memantau langsung kondisi di lapangan.

Terkait design, Wahyu mengaku sengaja membuat wajah Pos Yan seperti tempat Autobot. Hal itu dianggap bisa menarik masyarakat untuk berkunjung ke lokasi. Di dalamnya juga disediakan tempat istirahat dan arena permainan anak serta pojok baca.

Selain itu, ada juga fasilitas kesehatan. Masyarakat bebas memeriksakan kesehatannya. Tidak dipungut biaya. Pos Yan juga disiapkan sebagai tempat istirahat para pemudik yang melakukan perjalanan jauh. “Di dalamnya juga kami sosialisasi pemilu damai aman dan sejuk,” katanya.

Alumnus Akpol 1998 tersebut menambahkan, penjagaan Pos Yan ini melibatkan semua unsur. Baik TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan petugas medis. Setiap hari terdapat puluhan petugas yang berjaga di lokasi.

Sementara itu, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Budi Handoko menyatakan, puluhan prajuritnya ikut membantu mengamankan beberapa Gereja dan pos pengamanan di masing-masing wilayah. Sinergitas TNI – Polri terus dilakukan untuk mengamankan natal dan tahun baru mendatang. “Kami siap membantu,” ungkapnya. @VIN