Poltera Gelar Dies Natalis yang ke 8 dan sidang senat mahasiswa terbuka tahun 2020

oleh -

SAMPANG: Perguruan Tinggi Politeknik Madura (Poltera) menggelar sidang senat mahasiswa sekaligus memperingati Dies Natalis yang ke 8 di gedung A kampus tersebut, tepatnya di Jalan Raya Taddan kecamatan Camplong Sampang Madura. Rabu (11/11) Malam.

Pantauan dilokasi, Acara tersebut di ikuti secara virtual oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. Hadir juga dalam acara tersebut, Bupati Sampang, Slamet Junaidi didampingi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, serta Kepala SMK Negeri se Madura.

Direktur Poltera Arman Jaya dalam sambutannya menyampaikan dengan kondisi bangsa yang ditimpa musibah covid 19 poltera sampang dalam memperingati Dies Natalis yang ke 8 dan sidang senat mahasiswa tetap semangat menjalin kerjasama dengan semua pihak. Sebab, Poltera yang sudah berjalan selama 8 tahun sudah nampak luar biasa dampak positifnya bagi peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Sampang. Selain itu jaringan dan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya berlangsung baik.

“Selama delapan tahun, kehadiran Poltera di Pulau Madura ini mempunyai target strategis untuk waktu yang akan datang, mulai dari kelengkapan sarana dan prasarana, ketersediaan sumberdaya manusia sudah terpenuhi sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Bahkan poltera sudah melangkah jauh dengan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia, dan kami juga memiliki kemitraan yang baik dengan sejumlah perusahaan terkemuka untuk memberikan ruang bagi lulusan Poltera sesuai dengan kejuruan yang ditunjuk,”Jelasnya.

Menurutnya, situasi pendemi covid 19 ini juga berdampak pada penyerapan angka kelulusan siswa poltera tahun 2020. Hal ini disebabkan karena sejumlah perusahaan banyak yang menghentikan aktifitasnya dengan mengurangi aktivitas produksi dan rekrutmen pegawai.

“Kurikulum Poltera lebih memprioritaskan pada praktek di bandingkan dengan teori. 60 persen praktek dan 40 teori.  kita berperan untuk menyediakan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan siap bekerja dengan profesional,”Imbuhnya.

Ditempat yang sama, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi berharap momentum dies natalis Poltera Madura semakin menguatkan komitmen dan kiprah nyata Poltera untuk mendayagunakan semua potensi yang dimiliki dan mengaktualisasikan prinsip Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu mutu pendidikan dan lulusan Poltera terus meningkat dari tahun ke tahun dengan berinovasi sehingga Poltera bisa menjadi menara suar pengkajian teknologi maupun pendidikan vokasi di tingkat nasional maupun regional.

“Kampus ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sampang, karena di Kabupaten Sampang terdapat sebuah institusi pendidikan tinggi negeri yang fokus pada pengembangan pendidikan vokasi,” harapnya

Ia juga menjelaskan, seiring dinamika dan tantangan zaman, eksistensi pendidikan vokasi makin diperhitungkan, baik di dunia kerja dan industri yang lebih memilih melirik sumber daya manusia yang siap kerja dan berkompetensi, tidak sekadar menguasai materi dan teori, tetapi juga memiliki keahlian praktis. Sebagai institusi yang fokus pada pendidikan vokasi, peran Poltera sangat signifikan apalagi di tengah memasuki era revolusi industri saat ini.

“Poltera hendaknya siap meresponnya sehingga harapan kami lulusan Poltera tidak hanya terasah dalam bidang atau jurusan vokasi tetapi juga memiliki literasi dan skill penerapan teknologi informasi yang dapat menjadikan mereka sebagai sumber daya ya manusia yang unggul dan kompetitif,”Pungkasnya. NOE