Polsek Wonosalam Ringkus Empat Pelaku Pembalak Liar

oleh -

JOMBANG- Empat pelaku pembalakan liar atau illegal logging berhasil diringkus oleh Polsek Wonosalam saat menjalankan aksinya di dusun Babatan Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Keempat pelaku yakni Siswanto, 28 dan Yasir 43, keduanya warga dusun Babatan Desa Sumberejo Kecamatan Wonosalam, Suwito, 41, warga Dusun Jlaprang Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Dan Bawioni, 34 warga Desa Catak Gayam Kecamatan Mojowarno.

Kapolsek Wonosalam, AKP Luwi Nurwibowo menuturkan, berawal dari info dari masyarakat yang menyebutkan akan adanya aksi pembalakan liar yang dilakukan dikawasan hutan produksi milik perhutani jenis kayu jati yang tidak jauh dari jalan raya Dusun Babatan Desa Sumberjo Kecamatan Wonosalam.

“berdasarkan laporan warga tersebut akhirnya anggota dengan dipimpin oleh kanit reskrim Aiptu Broyo melakukan pengintaian disekitar lokasi,”Ujarnya. Minggu 3 Februari 2019.

Benae saja setelah dilakukan pengintaian, pada jam 00.30 Wib, keempat pelaku telah menebang kayu jenis kayu jati.

“Pelaku kemudia kita amankan dan langsung dibawa ke Mapolsek Wonosalam,” Imbuhnya.

Selain mengamankan gambar pelaku korupsi juga berhasil menyita barang bukti berupa 29 batang kayu jati berbentuk balok dengan ukuran panjang 2,5 m x 12 cm x 17 cm.

Pelaku akan dijerat dengan Pasal : 82 (1) huruf c Jo pasal 12 huruf c UURI No. 18 tahun 2013 dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun serta pidana denda paling sedikit Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp2.500.000.000,00 (dua miliar lima ratus juta rupiah).

“Saat ini pelaku dan barang bukti masih berada di mapolsek wonosalam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,”Pungkasnya.