Polsek Peterongan Tangkap Wanita Pembawa 20 Butir Pil Dobel L

oleh -

JOMBANG – Kepolisian Sektor (Polsek) Peterongan berhasil mengamankan 20 butir pil dobel L dari tangan seorang wanita di depan makam umum Jalan KH. Tomli Tamim, Desa Peterongan, Jombang, Kamis 10 Januari 2019.

Wanita tersebut bernama Lisa (23), asal Desa Mancar, Peterongan. Namun, ia hanya dijadikan sebagai saksi saja, sebab ia hanya diberi pil dobel L dari seorang pengedar yang saat ini sudah diamankan oleh petugas Unit Reskrim Polsek Peterongan.

Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP Moch. Mukid. SH memaparkan, anggotanya mendapat informasi sering adanya transaksi peredaran narkoba di depan makam umum.

“Anggota kami dapat laporan pada hari Rabu (09/01), sering terjadi transaksi barang haram di depan makam umum yang berada di Jl. kH. Romli Tamim. Setelah dilakukan penyelidikan, anggota kami kemudian melakukan penyisiran serta pengintaian,” ucapnya.

Keesokan harinya, lanjut Mukid, anggotanya menangkap seorang perempuan dengan barang bukti 20 butir pil dobel L. Kemudian seorang pria atas nama Eko Purwanto (24), asal Dusun/Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Jombang, yang berprofesi sebagai karyawan toko, yang diduga sebagai pengedar.

“Pada tanggal (10/01), sekitar pukul 22:00 WIB, anggota mengamankan perempuan dengan barang bukti tadi. Lantas setelah dilakukan pengembangan, petugas akhirnya bisa meringkus pria yang diduga sebagai pengedarnya,” imbuhnya.

“Status perempuannya sementara hanya sebagai saksi, sebab dari keterangan yang didapat, ia hanya diberi oleh tersangka Eko,” ujarnya.

Adapun barang bukti yang disita dari tangan tersangka yakni, 20 pil dobel L dan satu unit handphone warna putih. Akibat perbuatannya, Eko diduga melanggar tanpa keahlian menjual atau mengedarkan sediaan farmasi berupa pil dobel L tanpa izin dan dijerat dengan pasal 196 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, dengan ancaman kurungan penjara paling lama 10 tahun.

Editor: Ahmad Saefullah