Polsek Krembangan Bekuk Pemakai dan Penjual Sabu-Sabu

oleh -

SURABAYA – Unit Reskrim Polsek Krembangan, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, menangkap dua pelaku penyalahgunaan narkotika.

Tersangkanya, Maulana (31) warga Jalan Tembok Dukuh Surabaya dan Yanto (23) warga Jalan Margorukun Surabaya.

Ketika dilakukan penangkapan pada, Kamis (4/10/2018) lalu, Maulana ini diketahui menyimpan, memiliki, menguasai narkotika jenis sabu tersebut berasal dari Yanto.

Berdasar pengakuan itu, Polisi langsung mencari keberadaan Yanto guna mengamankannya. Begitu tertangkap, disamping sabu, diketahui Yanto juga menjual pil koplo. “Saya ambilnya Rp350.000, lalu saya bagi untuk dipakai dan juga dijual kembali, dapatnya dari SPT (DPO),” aku Yanto.

Kapolsek Krembangan Surabaya Kompol Esti Setija Oetami mengatakan, ketika dibekuk pukul 06.00 WIB di Jalan Tembok Dukuh Surabaya, pemakai sabu itu berada di rumahnya dan ketika dilakukan penggeledahan ditemukan barang bukti 1 paket sabu di dalam dompetnya.

“Barang haram itu didapat dari tersangka Yanto menurut pengakuannya. Setelah dilakukan pengembangan dan terhadap pelaku Yanto dilakukan penangkapan oleh unit Reskrim Polsek Krembangan Surabaya,” kata Esti.

Keduanya pun akhirnya digelandang ke Mapolsek Krembangan untuk proses penyidikan lebih lanjut. Petugas juga terus melakukan pengembangan dan akan menangkap penyuplai barang terhadap pengecer ini. “Penyuplai diatasnya yang identitasnya telah dikantongi petugas akan terus kita buru,” ujar Esti.

Barang bukti yang diamankan berupa satu paket berisi sabu kurang lebih seberat 0,52 gram, 6 bungkus plastik berisi pil dobel L 60 butir, satu buah dompet dan 1 unit HP.

Keduanya akan dijerat dengan Pasal 114, 112 ayat 1, 132 UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dan pasal 196, 197 Jo pasal 98 UU RI nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Editor: Ahmad Saefullah