Polresta Sidoarjo Bongkar Kasus Prostitusi di Hotel

oleh -

SIDOARJO – Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA ) Satreskrim Polresta Sidoarjo berhasil membongkar praktek prostitusi di sebuah hotel dan mengamankan perempuan yang diduga muncikari, yakni Sri Rahayu (48), warga Desa Gelam, Kecamatan Candi.

“Kita berhasil melakukan pengungkapan kasus terkait perdagangan manusia. Dalam hal ini muncikari yang memperdagangkan seorang wanita,” kata Kompol Muhammad Harris Kasatreskrim Polresta Sidoarjo saat rilis, Rabu (13/2/2019).

Harris menjelaskan, kasus ini bermula saat tersangka SR mendapatkan pesanan dari seorang laki-laki hidung belang untuk mencarikan seorang wanita yang bisa menemani karaoke dan lanjut booking di sebuah hotel Sidoarjo. “Dan akhirnya keduanya melakukan transaksi, antara tersangka dan pemesan atau tamu,” jelasnya.

Tersangka SR lanjut Harris, menawarkan korban, sebut saja Mawar, dengan bayaran Rp1 juta. Lalu, si Mawar mengiyakan tawaran tersangka untuk menemani pria hidung belang tersebut. “Sementara tersangka menerima uang dari tamu sebesar Rp 2.100.000,” cetusnya.

Lebih jauh Harris menjelaskan, lalu tersangka memberikan uang kepada mawar sebesar Rp1.200.000 dan sisa dari tamu Rp 900.000 diambil oleh tersangka SR. Setelah itu, kemudian mawar dan tamu masuk kamar hotel. “Tersangka mengambil keuntungan dari korban dan menjadikan sebagai mata pencaharian,” ujar Harris.

Harris juga memaparkan tersangka SR mengakui menjadi mucikari di wilayah Sidoarjo sudah lumayan lama yakni sekitar dua tahun lamanya. Dengan menawarkan seorang wanita yang usianya masih muda. “Sudah lumayan lama jadi mucikari dan sebelumnya pemandu karaoke,” ucapnya.

Dari kasus pengungkapan, pihaknya mengamankan beberapa barang bukti HP Oppo F1S, HP Vivo, uang senilai Rp 2.100.000, suprei warna putih, kwitansi sewa kamar hotel Delta Sinar Mayang. “Tersangka dikenakan pasal 2 UURI No 21 tahun 2017 dan pasal 296 KUHP dan atau pasal 506 KUHP,” pungkasnya.

Editor : Ahmad Saefullah