Polresta Sidoarjo Bentuk Timsus Tangani Kasus Money Politics

oleh -
Ilustrasi Politik Uang

SIDOARJO-Polresta Sidoarjo membentuk tim khusus dari Satuan Reserse Kriminal yang bertugas menangani kasus money politik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Gubernur – Wakil Gubernur) Provinsi Jawa Timur. Tim ini akan bertugas memantau dan menindak tegas praktik politik uang dalam pelaksanaan Pilgub Jatim yang digelar secara serentak pada Rabu, 27 Juni 2018 mendatang.

“Tim sudah terbentuk, tim ini akan bekerja untuk memberantas praktik-praktik money politics (politik uang) jelang Pilkada serentak,” ungkap Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Himawan Bayu Aji, Senin (25/6/2018).

Dalam menjalankan tugasnya, tim khusus tidak akan membedakan satu sama lain, artinya siapapun yang terbukti melakukan tindak politik uang, maka akan ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku.

Dalam prosesnya, lanjut Kapolres, seseorang yang tertangkap tangan melakukan money politics bakal digelandang langsung ke Mapolresta Sidoarjo untuk dimintai keterangan.

Pihaknya juga menggandeng Panwaslu untuk mengetahui sejauh mana pelanggaran tersebut dilakukan.

“Jadi, bakal diproses berdasarkan pelanggaran yang dilakukan. Tidak ada toleransi untuk money politik. Selain melanggar undang-undang, praktik tersebut juga tidak memberikan pendidikan yang baik kepadarakat,” terangnya.

Pihaknya mengimbau agar pihak pihak yang memiliki niatan untuk melakukan money politics untuk segera membatalkan rencananya tersebut. Untuk mendukung itu, pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk sama-sama mengawasi pelanggaran Pemilukada yang bakal digelar sebentar lagi.

“Jika ada (pelanggaran), segera laporkan. Kami ingin menciptakan suasana pilkada tahun ini berjalan damai, aman dan lancar,” tandasnya.

Sebelumnya, Polresta Sidoarjo memberangkatkan ribuan personil untuk dikirimkan ke masing-masing wilayah pemilihan di Sidoarjo. Terhitung, ada sekitar 2.887 TPS yang bakal dijaga ketat petugas kepolisian. Disamping itu, pihak kepolisian juga menyiapkan ratusan personel cadangan yang siap diperbantukan ke masing-masing wilayah yang membutuhkan. @VIN