Polres Jombang Ungkap Pabrik Miras Beromset Jutaan Rupiah Perhari

oleh -

JOMBANG – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jombang mengungkap pabrik pembuatan Minunan Keras (Miras) jenis Arak putih yang ada di Dusun Gedangkeret, Desa Banjardowo, Kecamatan/Kabupaten Jombang, mampu memproduksi 180 liter arak dalam sehari. 

Dengan jumlah tersebut, maka dalam sehari pabrik minuman haram ini bisa memperoleh uang sebesar 3 juta rupiah. 

“Sehari bisa memproduksi sebanyak 10 dus, tiap satu dus berisi 12 botol. Harga untuk satu botol sebesar 25 ribu rupiah,”terang AKP Azi Pratas Guspitu, Kasat Reskim Polres Jombang saat presrilis, Selasa (19/03/2019).

Sementara, lanjut Azi, satu tersangka diamankan beserta barang bukti dua drum penuh yang berisikan arak siap edar serta 21 Drum cairan frementasi bahan baku arak. Petugas juga mengamankan alat yang digunakan menyuling arak beserta botol kosong. 

“Kemarin kita amankan 2 orang, namun setelah kami dalami ternyata yang satu orang hanya sebagai saksi. Sedangkan satu orang lagi yang bernama Lamsio (48), warga asal Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ini yang berperan penuh. Selain sebagai peracik, ia juga ikut dalam permodalan,”terangnya. 

“Arak ini dijual di wilayah Kabupaten Jombang. Di warung – warung serta toko – toko yang ada di desa – desa,”pungkasnya. 

Sebelumnya, pabrik pembuatan Minunan Keras tersebut digrebek Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jombang pada Senin (18/03/2019) sekitar pukul 17:30 Wib. 

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 137 ayat 1 dan 2, jo pasal 77 ayat 1 UU RI No.18 Tahun 2012 tentang pangan, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. 

Editor.  :  Rusmiyanto